Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 10 Bab Dinamika Litosfer - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 11

Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 10 Bab Dinamika Litosfer

Di postingan ini saya akan berbagi contoh kunci jawaban Evaluasi Erlangga Geografi Kelas 10 Bab Litosfer.

Namun kunci jawaban ini juga belum pasti benar sepenuhnya, jadi pastikan untuk diskusi dan baca-baca lagi materinya sebelum menyalin ke buku tulis.

Kunci jawaban evaluasi Erlangga Geografi Halaman 205 Bab Dinamika Litosfer. 

I. PILIHAN GANDA
1.b 2.b 3.c 4.a 5.a 6.e 7.d 8.b 9.b 10.a 11.d 12.c 13.d 14.c 15.b 16.c 17.d 18.b 19.a 20.d

II. ISIAN
1. graben dan horst
2. pegunungan
3. vulkanisme
4. endogen
5. angin
6. tengah
7. O
8. organosol
9. lahan potensial
10. terasering

III. ESAI
11. Batuan sedimen memiliki fitur perlapisan dikarenakan hasil dari proses pengendapan/sedimentasi secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama. Tiap susunan perlapisan menandakan adanya proses sedimentasi pada masa yang berbeda. Contoh gambarnya di bawah ini.

12. Morfologi Sumatera bagian barat adalah pegunungan api aktif karena hasil subduksi lempeng Indo Australia ke bawah lempeng Eurasia. Sementara itu Sumatera bagian timur adalah dataran rendah yang banyak dijumpai rawa/gambut dengan sistem sungai yang memiliki lebar sangat besar.

Jadi wilayah morfologi barat Sumatera dominan tersusun oleh aktivitas vulkanisme, subur dan tanahnya bertipe vulkanis sementar di bagian timur bertipe dataran rendah aluvial dan tanah gambut.

13. Indonesia berpotensi tsunami di beberapa wilayah karena dikelilingi lautan luas dan berada di zona subduksi lempeng sehingga dapat memicu terjadinya tsunami di tengah laut yang menjalar hingga daratan.

14. Pemanfaatan lahan selalu berubah karena pengaruh kebutuhan manusia yang semakin berubah setiap waktu. Ada yang dahulunya wilayah memiliki lahan pertanian luas namun sekarang berubah menjadi industri karena desakan ekonomi.

15. Jenis tanah dipengaruhi berbagai faktor seperti batuan induk, topografi, iklim, manusia dan waktu. Batuan induk adalah faktor utama dari pembentukkan tanah. Jenis tanah pada suatu wilayah dipengaruhi oleh kondisi jenis batuan induk awal yang banyak mendominasi di wilayah tersebut. Contohnya wilayah Gunung Kidul banyak dijumpai karst sehingga tipe tanah yang terbentuk adalah renzina atau mediteran.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close