Contoh Virus Penyebab Penyakit pada Hewan dan Tumbuhan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Maret 4

Contoh Virus Penyebab Penyakit pada Hewan dan Tumbuhan

Tidak hanya berdampak pada manusa, virus juga bisa menyebabkan penyakit pada hewan. Penyakit pada hewan yang disebabkan virus sangat bervariatif.

Beberapa penyakit tersebut antara lain rabies, penyakit mulut dan kaki, tetelo dan tumor. Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Rabies
Rabies adalah infeksi akut yang menyerang susunan syaraf pusat. Penyakit rabies dipicu oleh Rhabdovirus yang bisa menular ke manusia lewat gigitan atau air liur hewan penderitanya misal anjing, serigala, rubah, tikus, kucing, kelelawar, kelinci, sapi, kuda dan kambing.

Virus rabies ini berkembangbiak di dalam otot dan menyebar hingga susunan syaraf pusat. Ciri-ciri anjing yang terkena rabies adalah nampak tidak sehat, gelisah, agresif, mengeluarkan air liur yang berlebihan, lidah terjulur, suka menyendiri di tempat gelap, ekor ditekuk diantara kedua kaki belakang, takut cahaya dan suara, dan ingin menggigit benda apa saja disekitarnya.

Gejala rabies pada manusia antara lain sakit kepala, mual, muntah, sakit tenggorokan, demam, halusinasi, kaku otot dan peningkatan sekresi keringat dan air liur. Rabies bisa dicegah dengan pemberian vaksin.

2. Penyakit mulut dan kuku
Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit sangat menular pada hewan ternak seperti sapi, domba, kambing, babi, kerbau dan hewan liar berkuku belah seperti gajah. Penyakit ini dipicu oleh Aphthovirus dari famili Picornaviridae.

Penularan virus dapat melalui medium udara, kontak langsung, makanan dan peralatan yang terkontaminasi virus. Gejala yang ditimbulkan pada hewan yang terinfeksi virus ini adalah keleusan, gelisah, dehidrasi, malas berdiri, pincang, demam hingga 41 derajat C, banyak mengeluarkan saliva, nafsu makan menurun dan muncul vesikula pada lidah, bibir, mukosa pipi, gusi,langit-langit mulut dan ujung kaki.

Penyakit ini mengakibatkan produksi susu dan daging ternak menurun dan menimbulkan kematian hewan ternak hingga 70%. Penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi.

3. Tetelo
NCD (newastle disesase) atau tetelo adalah penyakit pada unggas dengan gejala diare, batuk, hilang keseimbangan sehingga tubuhnya berputar-putar dengan kepala tertekuk. Penyakit ini dipicu virus NCD dan mudah menular. Tetelo dapat menyebabkan kematinan hewan ternak.
Ayam terinfeksi tetelo

4. Tumor
Penyaki tumor atau kutil bisa juga diderita hewan seperdi pada ayam yang disebabkan RSV (rous sarcoma virus) dan pada sapi disebabkan oleh Bovine papillomavirus. Virus ini menyebabkan tumor pada sel epitel kulit dan membran mukosa.

Sementara itu penyakit yang menjangkiti tumbuhan karena virus juga bermacam-macam, berikut contohnya:
1. Tungro
Virus tungro berasal dari famili Caulimoviridae, dapat menyerang tanaman padi. Virus ini menyebabkan sel-sel daun mati sehingga pertumbuhan terganggu dan padi akan mengerdil. Penyebaran virus ini melalui perantara wereng cokelat dan wereng hijau.

2. Mosaik
Penyakit mosaik dapat terjadi pada daun tembakau, kacang tanah, pepaya, cabai, tomat dan kentang. Gejalanya adalah timbul bercak-bercak kuning pada daun. Penyebaran virus ini terjadi oleh media serangga.

3. Penyakit TYLC
Tomato yellow leaf curl virus (TYLC) adalah virus penyebab daun tumbuhan tomat berwarna kuning dan menggulung sehingga menurunkan produktifitas.
Penyakit tungro

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close