Definisi, Ciri-Ciri Protista Mirip Tumbuhan [Ganggang/Alga/Algae] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Maret 4

Definisi, Ciri-Ciri Protista Mirip Tumbuhan [Ganggang/Alga/Algae]

Ganggang atau algae adalah salah satu organisme yang sering dijumpai jika kita pergi ke perairan dangkal. Alga adalah Protista yang sifatnya fotoautotrof karena memiliki kloroplas yang mengandung klorofil atau plastida yang berisi berbagai pigmen fotosintetik lain.

Ganggang sangat mudah dijumpai pada lingkungan perairan tawar maupun asin. Ada alga yang hidupnya menempel pada tempat tertentu atau melayang-layang di dalam air.

Ganggang membuat air danau, air sawah, kolam atau akuarium berwarna kehijauan. Akan tetapi masyarakat sering keliru menyebutnya dengan lumut.

Ganggang sangat berbeda dengan lumut karena ganggang hidup di dalam air sementara lumut tidak terendam air. Jika dipegang, lumut terasa seperti beludru (kain berbulu) dan lebih kering, sementara ganggang terasa basah, licin atau berlendir. 

Di perairan laut dangkal, ganggang mudah ditemukan, kadangkala terdampar di pantai dan memiliki warna merah, hijau, cokelat dan kuning. Orang sering juga menyebutnya dengan rumput laut.
Kolam yang penuh ganggang hijau

Ciri-Ciri Ganggang
Tubuh ganggang ada yang memiliki sel satu (uniseluler) dan adapula yang bersel banyak (multiseluler). Ukuran tubuh ganggang bervariasi mulai dari mikroskopis sekitar 8 mikrometer hingga yang berukuran makroskopis 50 meter.

Contoh ganggang mikroskopis antara lain Volvox, Chlorella, Synura, Scenedesmus, Gloeobotrys, Goniochloris, Euglena, Navicula, Mischococcus, Ceratium.

Contoh ganggang makroskopis antara lain Macrocystis, Sargassum, Laminaria, Turbinaria, Fucus, Palmaria, Corallina dan Spirogyra.

Ganggang memiliki bentuk tubuh yang tetap karena selnya tersusun atas dinding sel. Ganggang mikroskopis tersusun atas satu sel dengan bentuk yang variatif seperti bulat, oval, kotak, segitiga, batang dan seperti bintang. 

Ganggang uniseluler ada yang hidupnya menyendiri atau soliter dan adapula yang berkoloni. Ganggang uniseluler yang hidup soliter adalah Botrydiopsis ariza, Goniochloris sculpta, Chlorella dan Euglena. 

Ganggang uniselelur yang hidup ebrkoloni adalah Volvox, Hydrodictyon dan Gonium. Ganggang makroskopis terdiri atas banyak sel dengan bentuk tubuhnya bervariasi yaitu seperti benang (filamen), lembaran, menyerumpai rumput dan ada pula yang seperti tumbuhan tingkat tinggi.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close