Rumus Proyeksi Penduduk Geometri [Part 2] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Maret 4

Rumus Proyeksi Penduduk Geometri [Part 2]

Proyeksi penduduk geometri merupakan metode untuk memperkirakan jumlah penduduk di masa depan berdasarkan pertumbuhan penduduk yang dinyatakan dalam bentuk persentase. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung proyeksi penduduk geometri:

Tentukan data awal: data awal yang diperlukan adalah jumlah penduduk pada suatu waktu tertentu, misalnya jumlah penduduk pada tahun 2020.

Tentukan laju pertumbuhan: laju pertumbuhan penduduk harus dinyatakan dalam bentuk persentase per tahun. Misalnya, jika laju pertumbuhan penduduk adalah 2% per tahun, maka angka ini harus dikonversi menjadi 0,02.

Tentukan periode proyeksi: periode proyeksi adalah waktu di masa depan yang ingin diproyeksikan jumlah penduduknya. Misalnya, jika ingin memproyeksikan jumlah penduduk pada tahun 2030, maka periode proyeksinya adalah 10 tahun.

Hitung jumlah penduduk pada tahun yang diinginkan: rumus untuk menghitung jumlah penduduk pada tahun tertentu dalam proyeksi penduduk geometri adalah:

Jumlah Penduduk = Jumlah Penduduk Awal x (1 + Laju Pertumbuhan)n

Misalnya, jika jumlah penduduk pada tahun 2020 adalah 100.000 dan laju pertumbuhan penduduk adalah 2% per tahun, dan periode proyeksinya adalah 10 tahun, maka jumlah penduduk pada tahun 2030 adalah:

Jumlah Penduduk = 100.000 x (1 + 0,02)10 = 121.899

Maka dengan itu jumlah penduduk pada tahun 2030 diproyeksikan akan sekitar 121.899 jiwa.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close