Pembahasan Kunci OSK Geografi 2014 No 36-40 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 26

Pembahasan Kunci OSK Geografi 2014 No 36-40

Halo kawan, kita lanjut lagi ya buat ngebahas soal OSK Geografi tahun 2014. Jangan lupa untuk save dan bookmark blog guru geografi di browser kalian.

Jangan sungkan untuk klik share di bawah postingan ini, sebarin banyak-banyak postingan blog ini ke teman-teman di grup medsos kalian.

36. Manakah pernyataan yang benar tentang perbedaan antara budaya rakyat (folk culture) dan budaya popular (popular culture)?
a. Budaya popular biasanya dilakukan oleh kelompok orang yang relatif kecil
b. Budaya popular biasanya dilakukan oleh orang yang hidup dalam isolasi dari kelompok lain
c. Budaya rakyat biasanya dilakukan oleh kelompok orang yang relatif besar
d. Budaya rakyat biasanya dilakukan oleh kelompok-kelompok yang homogen
e. Tidak ada pernyataan yang benar

Kunci
Budaya rakyat atau folklore adalah budaya yang diwariskan turun temurun pada suatu masyarakat tertentu yang lebih homogen sementara budaya populer adalah budaya yang berkembang pada masyarakat yang relatif besar dan heterogen. Budaya populer berkembang lintas negara tanpa ada sekat, beda dengan budaya rakyat.

37. Warga Afro-American terkonsentrasi di bagian ________ Amerika Serikat, sedangkan warga Asia-American terkonsentrasi di bagian ________ AmerikaSerikat. (Pastikan untuk memilih pilihan jawaban dalam urutan yang benar.)
a. Barat, Tenggara
b. Barat, Barat Laut
c. Barat, TimurLaut
d. Tenggara, Barat
e. Tenggara, Timur Laut

Kunci
Berdasarkan data sensus Amerika, wilayah populasi Afro America dominan di tenggara sementara Asia Amerika dominan di barat. Cek peta distribusinya di bawah ini.



38. Berasal dari wilayah polis (Negara Kota) manakah Raja Leonidas, yang memimpin 300 pasukannya melawan ribuan pasukan Persia?
a. Athena
b. Ionia
c. Odesya
d. Sparta
e. Troy

Kunci
Leonidas lahir pada tahun 530 hingga 480 sebelum masehi (SM) adalah seorang keturunan Sparta. Pada tahun 490 SM, ia didaulat sebagai pemimpin tertinggi kaumnya. Leonidas dipercaya sebagai keturunan dari dewa Heracles lantaran kekuatan dan keberaniannya yang beringas.

Dirinya tewas pada pertempuran Thermopylae melawat prajurit Persia pada tahun 480 SM. Kematiannya dipandang sebagai salah satu pengorbanan paling heroik dalam sejarah. Dalam sebuah pertempuran kolosal di mana ia dan sekitar 300 prajuritnya gugur secara terhormat.

39. Salah satu alasan budaya Afrika Utara dikembangkan berbeda dari budaya di wilayah Afrika lainnya adalah karena dipisahkan oleh
a. Basin Sungai Kongo
b. Danau Victoria
c. Great Rift Valley
d. Gurun Sahara
e. Laut Arab

Kunci
Afrika Utara secara fisiografis didominasi wilayah gurun pasir Sahara sementara itu di bagian tengah mulai terbentuk hutan tropis basah. Hal ini akan berdampak pada perbedaan kebudayaan yang berkembang di wilayah tersebut. Sehingga pembatasnya adalah gurun. Cek peta di bawah.

40. Di Cina, perkembangan etnosentrisme paling dipengaruhi oleh ...
a. Ketergantungan terhadap negara-negara asing
b. serangan Bangsa Mongol selama ratusan tahun
c. sejarah panjang pemerintahan demokratis
d. keyakinan yang kuat dalam agama konghucu
e. isolasi geografis

Kunci
Etnosentris adalah suatu pandangan yang menganggap etnis tertentu adalah yang paling unggul. Di Cina perkembangan etnosentrisme paling dipengaruhi mungkin oleh ketergantungan terhadap negara asing yang membuat mereka ingin berubah menjadi bangsa yang mandiri dan tidak mau bergantung oleh orang lain.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close