Contoh Khutbah Singkat Idul Fitri 2023 Tema Kebangkitan Menuju Kemakmuran - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, April 20

Contoh Khutbah Singkat Idul Fitri 2023 Tema Kebangkitan Menuju Kemakmuran

Alhamdulillah, idul fitri sebentar lagi akan segera tiba dan kita akan meninggalkan bulan Ramadhan.

Sebulam begitu tidak terasa dan mudah-mudahan Allah SWT menerima amalan kita di bulan Ramadhan tahun ini.

Berikut contoh khutbah / pidato singkat idul fitri tahun 2023.

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat kodrat irodatNya lah kita sekarang kembali dapat merasakan Idul Fitri di tahun 2023.

Sholawat dan salam tak lupa senantiasa tercurahkan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin sekalian, pagi hari ini kita semua kembali berkumpul dalam suasana berbahagia karena setelah sebulan penuh ibadah puasa Ramadhan, kita kembali merayakan hari Kemenangan yaitu Idul Fitri.

Kemenangan dalam hal ini yang paling utama adalah bagaimana menang dalam bertempur dengan hawa nafsu dunia.

Manusia sejak ia dilahirkan ke muka bumi, diciptakan Allah dengan akal dan nafsu. Nafsu inilah yang menjadi musuh utama daripada kehidupan manusia.

Berbagai kerusakan, kejahatan, kemunkaran lahir dari nafsu tersebut. Oleh sebab itu lewat Ramadhan kita berupaya untuk mengekang hawa nafsu buruk yang akan berdampak pada kerusakan di muka bumi.

Hadirin sekalian, beberapa tahun lalu suasana Idul Fitri agak berbeda taktakala pandemi melanda. Kebebasan seolah hilang dan kita sulit untuk melakukan aktifitas di luar rumah.

Akan tetapi kali ini, kita sudah memenangkan pertarungan melawan virus tersbut dan bisa melakukan kegiatan seperti sediakala.

Namun daripada itu pertarungan yang sesungguhnya dan terus kita jalani adalah pertarungan melawan hawa nafsu.

Maka dari itu, marilah kita niatkan di hari kemenangan ini untuk bangkit, bersatupadu untuk menggapai kemakmuran baik secara ekonomi maupun sosial.

Ramadhan mengajarkan kita untuk berempati, menurunkan ego, meningkatkan amal kebajikan agar kelak kita menjadi manusia yang benar-benar sesuai dengan tujuan penciptnya yaitu khalifah.

Khalif sejati akan senantiasa membawa kebajikan dan kemakmuran bagi sekelilingnya. Tidak ada kepentingan pribadi yang paling utama namun kepentingan masyarakatlah yang utama.

Semoga khutbah singkat ini membawa pencerahan dan membawa kita menuju masyarakat yang meraih kemenangan sejati. Wassalam.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close