Download Kumpulan Soal OSN-P Kebumian Tahun 2008-2019 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Mei 16

Download Kumpulan Soal OSN-P Kebumian Tahun 2008-2019


Halo gaes, bagi pejuang OSN Kebumian yang butuh soal-soal provinsi tahun sebelumnya, saya bagikan link downloadnya di bawah nanti.

OSN Kebumian atau Olimpiade Sains Nasional Kebumian adalah kompetisi akademik yang diadakan di Indonesia untuk siswa SMA dan sederajat yang memiliki minat dan bakat dalam ilmu bumi. Dalam kompetisi ini, siswa diuji kemampuannya dalam memahami konsep dasar ilmu bumi, geologi, geofisika, dan meteorologi.

Beberapa topik yang biasanya dipelajari dalam OSN Kebumian meliputi:

Mineralogi dan Petrologi
Topik ini mencakup studi tentang mineral, batuan, dan proses pembentukan mereka. Siswa akan mempelajari karakteristik fisik dan kimia mineral, sifat-sifat batuan, dan interpretasi geologi dari aspek petrologi.

Geologi Struktur
Mempelajari prinsip-prinsip geologi struktur, teori tektonik lempeng, dan jenis-jenis patahan dan lipatan. Siswa juga akan mempelajari teknik pemetaan geologi dan analisis struktur geologi.

Geologi Umum
Topik ini membahas prinsip-prinsip dasar geologi, seperti pembentukan bumi, stratigrafi, dan sejarah geologi. Siswa juga akan mempelajari proses pembentukan gunung api dan kerak bumi serta kaitannya dengan sumber daya mineral.

Geofisika
Mempelajari prinsip-prinsip geofisika dan aplikasinya dalam eksplorasi mineral, minyak, dan gas bumi. Siswa juga akan mempelajari teknik-teknik geofisika seperti seismik, elektromagnetik, gravitasi, dan magnetik.

Meteorologi dan Klimatologi
Topik ini mencakup studi tentang cuaca dan iklim, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi iklim dan perubahan iklim. Siswa juga akan mempelajari teknik-teknik pemantauan dan prediksi cuaca dan iklim.

Dalam OSN Kebumian, siswa akan diuji melalui serangkaian tes tertulis dan praktikum yang menguji pemahaman mereka tentang konsep-konsep ilmu bumi. Selain itu, mereka juga akan diuji dalam kemampuan mengidentifikasi dan menafsirkan data geologi dan geofisika. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mempromosikan dan mengembangkan minat siswa pada ilmu bumi serta menghasilkan calon-calon ahli geologi dan geofisika yang berkualitas untuk Indonesia.

Berikut link soal OSN Kebumian Level Provinsi. Untuk soal tahn 2020 ke sini sudah pakai daring jadi tidak ada soal mentahannya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close