Contoh Aspek Fisik Geografi di Permukaan Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juni 4

Contoh Aspek Fisik Geografi di Permukaan Bumi

Salah satu bagian dasar dalam ilmu geografi tentunya harus memahami aspek geografi. Ada dua aspek geografi yaitu aspek fisik dan non fisik.

Di postingan ini kita akan coba berikan gambaran tentang apa itu aspek fisik geografi. Aspek fisik geografi merujuk pada elemen-elemen fisik atau alamiah yang membentuk dan memengaruhi karakteristik permukaan bumi. Aspek ini melibatkan studi tentang fitur-fitur fisik seperti daratan, air, iklim, vegetasi, dan topografi. Berikut adalah beberapa aspek fisik geografi yang penting:

1. Relief atau Topografi: Mengacu pada bentuk dan perubahan permukaan bumi, seperti pegunungan, dataran tinggi, lembah, dan dataran rendah.

2. Hidrologi: Mempelajari perairan di bumi, termasuk sungai, danau, laut, dan samudera. Ini juga mencakup siklus air, pembentukan gletser, pola aliran air, dan masalah terkait seperti banjir dan kekeringan.

3. Iklim: Memahami pola cuaca jangka panjang dan kondisi iklim di suatu wilayah. Ini melibatkan faktor-faktor seperti suhu, curah hujan, angin, tekanan udara, dan iklim mikro.

4. Vegetasi dan Bioma: Memelajari jenis dan distribusi tanaman serta komunitas tumbuhan yang terdapat di berbagai wilayah. Hal ini terkait dengan faktor iklim, tanah, dan lainnya.

5. Tanah: Melibatkan studi tentang sifat-sifat tanah, seperti tekstur, struktur, kandungan mineral, dan kesuburan. Sifat tanah mempengaruhi kemampuan suatu wilayah untuk mendukung kehidupan tanaman dan pertanian.

6. Geologi: Melibatkan studi tentang struktur bumi, batuan, dan proses geologis seperti pengangkatan gunung, pergerakan lempeng tektonik, dan pembentukan endapan mineral.

7. Pesisir dan Oseanografi: Mempelajari karakteristik pantai, termasuk perubahan garis pantai, pengaruh ombak, dan pola arus laut. Oseanografi melibatkan studi tentang lautan, termasuk suhu air, salinitas, sirkulasi, dan keanekaragaman hayati laut.

8. Kebencanaan alam: Memahami ancaman alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, banjir, longsor, dan tsunami. Studi ini membantu dalam pemodelan dan mitigasi risiko bencana.

Aspek fisik geografi ini saling terkait dan berdampak satu sama lain, membentuk lingkungan fisik suatu wilayah dan memengaruhi manusia serta kehidupan lain di dalamnya.

Ciri penting dalam memahami aspek fisik geografi adalah belum adanya keterlibatan manusia sebagai pembentuk elemen fisikal tadi. Jadi semua masih dikontrol oleh proses endogen dan eksogen.
Kenampakan sungai di kawasan karst

Contoh soal Aspek Geografi Level C2 seperti di bawah ini:

1. Perhatikan fenomena berikut:
1) Upacara Adat Kasodo di Kawasan Tengger Semeru
2) Fenomena El Nino mengakibatkan kekeringna panjang di Indonesia
3) Arus Mudik libur Idul Fitri mengakibatkan kemacetan di Tol Trans Jawa
4) Hujan es terjadi di Bandung pada sore hari kemarin
5) Likuifaksi di Palu dipicu gempa sesar Palukoro
Fenomena yang termasuk aspek fisik geografi ditunjukkan angka ...
A. 1), 2), 3)
B. 2), 4), 5)
C. 1), 4), 5)
D. 1), 3), 5)
E. 2), 3), 5)

Kunci Jawaban: B

Image by ThuyHaBich from Pixabay

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close