Soal Kompetensi Teknis PPPK Geografi 2023 + Kunci [Part 1 Hakikat Dasar Geografi] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Agustus 27

Soal Kompetensi Teknis PPPK Geografi 2023 + Kunci [Part 1 Hakikat Dasar Geografi]


Akhir tahun ini tes PPPK akan segera dilaksanakan dan pastinya para pejuang PPPK Guru Geografi harus mempersiapkan diri.

Di postingan ini kita mulai untuk latihan kompetensi teknis mapel geografi. Selamat belajar dan berlatih mandiri.

Soal kali ini bertipe literasi dan berformat jawaban AKM jadi harus banyak berlatih agar terbiasa mengerjakannya.

Topik Materi: Hakikat Ilmu Geografi 

1. Pasangkanlah tokoh-tokoh geografi berikut ini sesuai dengan masa perkembangan geografi yang tepat! 
No Tokoh Geografi Masa Perkembangan
A Charles Darwin Geografi Klasik
B Amaximandaros Geografi Abad Pertengahan
C Frank Debenham Geografi Abad 18
D Ibnu Batuta Geografi Mutakhir
E Peter Hagget Geografi Akhir Abad 19

2. Bacalah teks berikut!
Tokoh ini adalah seorang tokoh geografi terkenal yang lahir di Kirene dan hidup sekitar 275 – 195 SM. Dia adalah orang pertama yang memperkirakan secara akurat diameter bumi. Selama beberapa dekade, dia menjabat sebagai direktur perpustakaan terkenal di Alexandria. Dia sangat dihormati di dunia kuno, namun sayangnya hanya sebagian kecil dari tulisannya yang masih ada. Dia meninggal pada usia lanjut karena kelaparan dan keputusasaannya dengan kebutaan. Tokoh yang dimaksud adalah ....... 

3. Perhatikan berita berikut untuk menjawab soal no 4-5! 
KOTA BOGOR - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Bogor pada Selasa (14/3) memicu terjadinya tanah longsor yang berupa tebing dengan tinggi 12 meter dan lebar 6 meter di Kampung Sirna Sari RT 07 RW 04, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melaporkan bahwa material tanah longsor itu kemudian menimbun 6 unit rumah dan 1 tempat ibadah. Akibatnya sebanyak 17 warga turut tertimbun, di mana 11 ditemukan dalam kondisi selamat, 2 meninggal dunia dan 4 lainnya dalam pencarian.

Selain berdampak pada permukiman warga dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa, peristiwa tanah longsor itu juga berdampak pada jalur kereta api relasi Bogor-Sukabumi sepanjang 15 meter. Atas peristiwa itu perjalanan kereta api menjadi terkendala.

Hingga hari ini, tim BPBD Kota Bogor, Basarnas, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, relawan penanggulangan bencana dan warga setempat melanjutkan upaya pencarian, pertolongan dan evakuasi terhadap dua korban yang belum berhasil ditemukan. Adapun tim gabungan tersebut sedikit terkendala karena lokasi terdampak sulit dijangkau dan berada di tebing serta pinggiran Sungai Cisadane.

https://www.bnpb.go.id/berita/tinjau-lokasi-tanah-longsor-di-bogor-kepala-bnpb-serahkan-dsp-500-juta-dan-akan-relokasi-warga

Berdasarkan cuplikan berita tersebut, longsor terjadi karena interaksi antara komponen objek material geografi yaitu  ....
A. antroposfer dan litosfer
B. atmosfer dan litosfer
C. atmosfer dan hidrosfer
D. hidrosfer dan antroposfer
E. litosfer dan hidrosfer

4. Berdasarkan informasi berita, langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mencegah potensi longsor di masa depan adalah ...
A. Merelokasi pemukiman di wilayah berkontur miring dan terjal
B. Mengurangi kegiatan pertanian intensif di lereng bukit
C. Mereboisasi perbukitan dengan vegetasi keras
D. Melakukan kerja bakti membersihkan gorong-gorong 
E. Merubah struktur rumah menjadi tipe panggung

5. Bacalah berita di bawah ini!
Pembangunan konstruksi proyek kereta cepat ini sudah mencapai 88,8 persen. Dengan jalur sepanjang 142,3 km, proyek yang diharapkan bisa menjadi kereta modern ini membentang dari Stasiun Halim Jakarta Timur hingga Stasiun Tegalluar di Bandung bagian timur.

Jika dihitung, jumlah stasiun pemberhentian untuk perjalanan menggunakan kereta cepat ini sebanyak empat stasiun dengan satu depo. Mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, serta Stasiun Tegalluar yang sekaligus menjadi depo.

Untuk penggunaan stasiun Padalarang, nantinya menjadi stasiun Hub yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan kereta api. Penggunaannya untuk melayani penumpang dari Bandung bagian barat dan Bandung kota. Sementara itu, Bandung bagian timur dilayani dari Stasiun Tegalluar.

Sumber:https://indonesiabaik.id/infografis/rute-stasiun-kereta-cepat-jakarta-bandung

Kehadiran kereta cepat Jakarta-Bandung diharapkan akan meningkatkan laju mobilitas antar kedua wilayah. Hal ini sesuai dengan konsep geografi yaitu ...
A. Diferensiasi area
B. Pola
C. Jarak
D. Aglomerasi
E. Interaksi

Kunci
1. Berikut pasangan tokoh geografi dengan masanya:
- Charles Darwin = Abad 18
- Amaximandaros = Geografi Klasik
- Frank Debenham = Geografi Akhir Abad 19
- Ibnu Batuta = Geografi Abad Pertengahan
- Peter Hagget = Geografi Mutakhir

2. Erasthotenes
3. Atmosfer dan litosfer
4. Jawabannya A, B, dan C
5. Interaksi

Lanjut: Soal Part 2

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close