Topik OSN Geografi Pariwisata: Tipologi Wisata Menurut Cohen - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Januari 9

Topik OSN Geografi Pariwisata: Tipologi Wisata Menurut Cohen


Cohen (1972) mengemukakan tipologi kegiatan wisata berdasarkan tingkat keterlibatan wisatawan dengan budaya dan masyarakat lokal. Tipologi ini didasarkan pada asumsi bahwa wisatawan akan mencari pengalaman yang berbeda dari kehidupan sehari-hari mereka.

Tipologi kegiatan wisata menurut Cohen dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

Drifter

Drifter adalah wisatawan yang ingin mengunjungi daerah yang sama sekali belum diketahuinya dan bepergian dalam jumlah kecil. Mereka tidak memiliki rencana perjalanan yang pasti dan cenderung mengikuti arus. Drifter biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk mencari pengalaman baru dan ingin keluar dari zona nyaman mereka.

Eksplorer

Eksplorer adalah wisatawan yang melakukan perjalanan dengan mengatur perjalanannya sendiri dan tidak mau mengikuti jalan-jalan wisata yang sudah umum melainkan mencari hal yang tidak umum (of the beaten track). Wisatawan seperti ini memanfaatkan fasilitas dengan standar lokal dan tingkat interaksinya dengan masyarakat lokal juga tinggi. Eksplorer biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk belajar tentang budaya dan masyarakat lokal.

Mass tourist

Mass tourist adalah wisatawan yang melakukan perjalanan dalam jumlah besar dan mengikuti paket wisata yang sudah disediakan. Mereka biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk bersantai dan bersenang-senang. Mass tourist biasanya tidak terlalu tertarik untuk belajar tentang budaya dan masyarakat lokal.

Themed tourist

Themed tourist adalah wisatawan yang melakukan perjalanan untuk tujuan tertentu, seperti untuk menonton olahraga, menghadiri festival, atau mengunjungi tempat bersejarah. Mereka biasanya memiliki motivasi yang kuat untuk memperoleh pengalaman yang spesifik.

Berikut adalah tabel yang merangkum karakteristik dari masing-masing kategori tipologi kegiatan wisata menurut Cohen: 


Contoh Soal OSN Geografi 2024:

1. Dirwan seorang pekerja kantoran di ibukota akan merencanakan cuti selama seminggu untuk berlibur. Ia ingin menonton langsung pertandingan final Liga Champions di London Inggris antara Barcelona versus Bayern Muenchen pada akhir bulan Mei tahun depan. Menurut Cohen, tipe wisata Dirwan termasuk ....
a. eksplorer
b. drifter
c. mass tourist
d. theme tourist
e. allosentric

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close