Bahan Ajar OSN Geografi Klasifikasi Wisata Menurut Smith - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Januari 8

Bahan Ajar OSN Geografi Klasifikasi Wisata Menurut Smith


Dalam memahami materi OSN Geografi Pariwisata maka kalian harus mengetahui tentang klasifikasi wisata menurut Smith.

Kegiatan wisata kini sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia karena intensitas pekerjaan yang tinggi membuat manusia memerlukan waktu untuk relaksasi.

Kegiatan wisata menurut Smith dikategorikan menjadi 7 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Explorer adalah jenis wisatawan yang mencari petualangan baru dan berinteraksi secara intensif dengan masyarakat lokal. Mereka bersedia menerima fasilitas apa adanya dan menghargai norma serta nilai-nilai lokal.

2. Elite adalah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata yang belum dikenal, namun dengan pengaturan sebelumnya dan berpergian dalam jumlah kecil.

3. Off-beat merujuk pada wisatawan yang mencari atraksi sendiri dan enggan mengikuti tempat-tempat wisata yang umum. Mereka cenderung menjauh dari destinasi yang biasa dikunjungi.

4. Unusual menggambarkan wisatawan yang, dalam perjalanannya, juga mengejar aktivitas tambahan. Meskipun bersedia menerima fasilitas apa adanya, program utamanya tetap membutuhkan fasilitas standar.

5. Incipient mass mengacu pada wisatawan yang melakukan perjalanan secara individu atau dalam kelompok kecil, mencari destinasi wisata dengan fasilitas standar, sambil tetap menikmati keaslian pengalaman.

6. Mass adalah jenis wisatawan yang bepergian ke destinasi wisata dengan fasilitas yang mirip dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Interaksi dengan masyarakat lokal minim, kecuali jika terkait dengan industri pariwisata.

7. Charter adalah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata dengan lingkungan serupa dengan daerah asal mereka. Mereka cenderung bepergian dalam kelompok besar dan menuntut fasilitas berstandar internasional, biasanya hanya untuk bersantai atau bersenang-senang.

Itulah klasifikasi wisata menurut Smith, semoga membantu kalian memahami tentang konsep kepariwisataan dalam OSN Geografi. Jangan lupa share konten blog guru geografi ke grup medsos kalian.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close