[New] Pembahasan Soal Simulasi OSN Kebumian 2023 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Februari 4

[New] Pembahasan Soal Simulasi OSN Kebumian 2023 6-10

Lanjut lagi teman-teman kita bahas soal simulasi OSN Kebumian 2023 untuk persiapan tahun ini. Jangan lupa untuk selalu pantengin blog gurugeografi.

Contoh pembahasan soal lainnya silahkan cek di link berikut: Pembahasan No 1-5

6. See a simple geological map below. Which geological map shows a synclinal structure!

Kunci
Antiklin (Anticline) adalah lipatan batuan yang menggelembung ke atas akibat dari gaya yang mendorong secara lateral. Sedangkan sinklin (Sincline) adalah lipatan yang menggelembung ke arah bawah. Adapun perbedaan sinklin dan antiklin adalah akibat perbedaan arah gaya yang dialami oleh formasi batuan tersebut.

Dalam peta geologi simbol untuk memahami perbedaan keduanya adalah dari dp dan strike nya. Lihat simbol seperti huruf T. Opsi C lebih menunjukan sinklin. Contohnya seperti pada peta di bawah.


7. Batugaram dapat menjadi batuan tudung yang baik. Salah satu mineral penyusun yang dominan dati batugaram adalah ahlit. Manakah pernyataan berikut yang salah tentang halit!
a. dapat memiliki warna yang bermacam-macam tergantung adanya pengotor, inklusi material lain atau ketidaknormalan dalam kristalnya
b. memiliki skala mohs 2.0-2.5
c. sistem kristalnya tetragonal
d. memiliki rumus kimia NaCl
e. umumnya terjadi karena evaporasi

Kunci
Halite, umumnya dikenal sebagai garam batu, adalah suatu jenis garam, bentuk mineral dari natrium klorida atau NaCl. Halit membentuk kristal isomerik. kan tetapi batu garam bisa juga mengandung pengotor-pengotor dan umumnya yang berasosiasi dengan batu garam tersebut adalah anhydrite (CaSO4), gypsum (CaSO4.2H2O), dan juga sylvite (KCl). Terbentuknya batu garam ini umumnya akibat dari penguapan air yang mengandung garam seperti air laut yang banyak mengandung ion-ion Na + (Sodium) dan Cl– (Cloride). Batu garam ini umumnya terbentuk di daerah danau yang mengering akibat penguapan, teluk-teluk yang relative tertutup, daerah estuarine yang ada di daerah arid, daerah-daerah di dekat laut seperti lagoon dan lain-lain.

Jadi jawabannya C.

8. Manakah diantara batuan di bawah ini yang paling mudah dilewati gas pada saat bermigrasi?
a. batulanau
b. batupasir
c. batugaram
d. batugamping kristalin
e. breksi

Kunci
Batugamping kristalin (d) umumnya memiliki porositas yang tinggi dan sering kali memiliki sistem retakan atau rongga yang memungkinkan gas untuk mudah dilewati saat bermigrasi. Oleh karena itu, di antara pilihan yang diberikan, batugamping kristalin (d) kemungkinan besar adalah batuan yang paling mudah dilewati gas pada saat bermigrasi.

9. Manakah batuan di bawah ini yang memiliki porositas tinggi?
a. breksi
b. batupasir kerikilan
c. batulanau
d. batulempung
e. batupasir

Kunci
Porositas tinggi biasanya terkait dengan ruang terbuka atau rongga dalam struktur batuan yang memungkinkan penyimpanan dan pergerakan fluida seperti air atau gas. Dengan mempertimbangkan itu, batuan dengan porositas tinggi antara opsi yang diberikan adalah:

b. batupasir kerikil

Batuan pasir kerikil memiliki porositas yang relatif tinggi karena partikel-partikel besar yang membentuk strukturnya menyisakan ruang antara mereka, yang memungkinkan penyimpanan dan pergerakan fluida.


10. Fenomena jetstream diduga sebagai salah satu penyebab Eropa sering menjadi tempat hotspot gelombang panas. Manakah pernyataan yang benar mengenai jetstream?
a. aliran jetstream bergerak dari barat ke timur
b. kecepatan angin antara 50 km/jam - 100 km/jam
c. berada di ketinggian > 18 km
d. pola alirannya lurus
e. dapat muncul di subtropis di musim panas

Kunci
a. Aliran jetstream bergerak dari barat ke timur.

Jetstream adalah aliran angin tingkat tinggi yang bergerak dengan kecepatan tinggi di atas atmosfer bumi. Jetstream sering kali bergerak dari barat ke timur, terutama di belahan utara dan selatan bumi. Pernyataan ini mencerminkan arah umum pergerakan jetstream.

Jet stream atau arus jet adalah aliran angin kencang di atmosfer yang bergerak dalam pita yang sempit pada ketinggian 5 -7 km di atas permukaan bumi. Arus angin dalam Jet Stream bergerak mengelilingi bumi dari barat ke timur dengan kecepatan lebih dari 250 km/jam. Ilustrasi jetstream di bawah.


Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close