Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 17

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 1-5


Halo kawan-kawan kita sekarang coba bahas soal OSN Kebumian tahun lalu untuk level kota dan kabupaten. Silahkan dipelajari untuk amunisi kalian di OSN nanti. 

Saya mulai dari soal terakhir atau materi oseanografi karena lebih mudah, sementar soal astronomi saya simpan di belakang karena termasuk yang sulit.

1. [Sulit] Sifat air laut atau samudera yang disebabkan oleh angin yang berhembus di wilayah perairan laut dalam skala Beaufort akan membentuk gelombang dengan ciri-ciri sebagai berikut ...
a. moderate gale dengan buih putih dari gelombang pecah, mulai bertiup dengan garis, kabut mulai terlihat dan diperkirakan tinggi gelombang 5,0 m
b. fresh breeze dengan gelombang pertengahan bentuk lama terlihat dan banyak semburan air dengan perkiraan tinggi gelombang 2,0 m
c. gentle breeze dengan wavelet besar dan puncak mulai pecah dan ketinggian 0,6-1 m
d. light breeze denga wavelet kecil, puncak terlihat dan gelombang tidak pecah serta tinggi gelombang 0,3-0,5 m
e. moderate breeze dengan gelombang kecil lebih lama terlihat dengan perkiraan tinggi gelombang 1,5 m

Kunci
Ini kan mengaitkan skala Beaufort (kekuatan angin) ke fenomena kondisi laut di samudera. Jadi kalau karena angin di perairan laut. Skala Beaufort adalah ukuran empiris yang berkaitan dengan kecepatan angin untuk pengamatan kondisi di darat atau di laut. Skala ini ditemukan oleh Francis Beaufort pada tahun 1805. Beaufort mengukur kecepatan angin dengan menggambarkan pengaruhnya pada kecepatan kapal dan gelombang air laut. Skala Beaufort menggunakan angka dan simbol.

Pengelompokan data angin menggunakan Skala Beaufort dilakukan dengan membagi kecepatan angin menjadi angin sedang, angin agak kuat, angin kuat. Pengelompokan kecepatan angin berdasarkan skala ini dibutuhkan data kecepatan dan durasi angin. 

Untuk kecepatan angin yang dapat membangkitkan gelombang menurut skala Beaufort yaitu ≥10 knot untuk puncak dan minimal 7 untuk melengkapi trend grafik. Untuk durasi angin yang dapat membangkitkan gelombang menurut Skala Beaufort ≥6 jam dan maksimal 12 jam.

Selebihnya angin dikategorikan badai dan tidak dapat diperhitungkan dalam pembangkitan gelombang.

Kalau lihat tabel di bawah, maka gelombang laut ada di tipe gentle breeze. Wavelets di perairan laut juga termasuk besar. Cek gambar di bawah


2. Gelombang air laut dalam setinggi 1,4 m dan periode gelombang 4,2 detik menuju ke suatu pantai berpasir dengan kondisi kelandaian pantai relatif landai yaitu 2% dan lebar pantai sekitar 50 m. Diketahui bahwa dasar perairannya dapat digambarkan memiliki garis kontur batimetri sejajar dengan garis pantai. Kecepatan gelombang laut dalam jika sampai dekat ke garis pantai akan mengalami ....
a. pengurangan kecepatan gelombang dan penambahan tinggi gelombang
b. penambahan kecepatan gelombang dan penambahan tinggi gelombang
c. tidak ada perubahan kecepatan gelombang dan tinggi gelombang
d. pengurangan kecepatan gelombang dan pengurangan tinggi gelombang
e. penambahan kecepatan gelombang dan pengurangan tinggi gelombang

Kunci
Ketika gelombang air laut mendekati garis pantai dengan kondisi kelandaian pantai yang relatif landai, gelombang akan mengalami perubahan. Dalam situasi ini, gelombang akan melambat (pengurangan kecepatan gelombang) dan tingginya akan meningkat (penambahan tinggi gelombang).

Jadi, jawabannya adalah:
a. pengurangan kecepatan gelombang dan penambahan tinggi gelombang

Gelombang dipengaruhi oleh banyak faktor :
1. Angin (Kecepatan angin, Panjang/jarak hembusan angin, Waktu (lamanya) hembusan angin)
2. Geometri laut (topografi atau profil laut dan bentuk pantai)
3. Gempa (apabila terjadi tsunami) – sangat kecil/minor

Ilustrasi perubahan tinggi gelombang ketika memasuki pantai ada di bawah, hal ini dipengaruhi kelerengan pantai.

3. [Menengah] Gelombang laut maupun pasang surut mempunyai elemen tinggi dan periode. Oleh karena itu gelombang laut dan pasang surut secara umum mempunyai pola bersifat osilasi yang relatif sama bahkan sering kita menyatakan bahwa ...
a. gelombang adalah pasang surut dengan periode panjang
b. gelombang adalah pasang surut dengan periode pendek
c. gelombang adalah pasang surut dengan periode sedang
d. gelombang adalah periodenya sama dengan pasang surut
e. gelombang adalah pasang surut dengan periode sangat pendek

Kunci
Gelombang laut dan pasang surut memang memiliki elemen tinggi dan periode. Namun, karena gelombang laut dan pasang surut merupakan fenomena yang berbeda, pernyataan bahwa "gelombang adalah pasang surut dengan periode panjang" atau "gelombang adalah pasang surut dengan periode pendek" tidaklah tepat.

Jawaban yang lebih tepat adalah:
d. gelombang adalah periodenya sama dengan pasang surut

Ini karena baik gelombang laut maupun pasang surut memiliki periode, tetapi fenomena dan proses yang mendasarinya berbeda. Pasang surut dipengaruhi oleh gaya tarik gravitasi Bulan dan Matahari, sementara gelombang laut dipengaruhi oleh angin, gravitasi, dan faktor-faktor lainnya. Meskipun keduanya memiliki periode, pola osilasi mereka berasal dari mekanisme yang berbeda.

4. [Menengah] Gelombang yang berasal dari laut dalam menuju ke pantai apabila menemui penghalang bangunan breakwater  di tengah laut maka akan mengalami ....
a. shoaling dan refraksi
b. refraksi dan difraksi
c. refleksi dan refraksi
d. shoaling dan refleksi
e. difrasksi dan refleksi

Kunci
Gelombang yang berasal dari laut dalam menuju ke pantai, saat menemui penghalang bangunan breakwater di tengah laut, akan mengalami:

b. refraksi dan difraksi

Refraksi terjadi karena perubahan kecepatan gelombang saat melintasi batas antara kedalaman yang berbeda atau medium yang berbeda. Difraksi terjadi ketika gelombang melintasi suatu rintangan atau celah, seperti penghalang breakwater, dan menyesuaikan diri dengan struktur tersebut dengan menekuk atau membentuk pola gelombang baru.

Jadi, kombinasi yang tepat adalah refraksi dan difraksi. Gambar ilustrasi refraksi dan difraksi gelombang laut di bawah.

5. [Menengah] Binatang karang di perairan laut akan tumbuh dengan baik bila kondisi ekologi terumbu karang memenuhi persyaratan hidup dan berkembangnya binatang karang. Pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah ....
a. temperatur perairan laut selalu tinggi
b. salinitas perairan laut selalu tinggi
c. densitas air laut selalu tinggi
d. kedalaman perairan optimum yang mana sinar matahari dapat masuk sampai dasar perairan
e. dasar perairan tersusun oleh material lempung yang lunak

Kunci
Pernyataan yang paling benar adalah:
d. kedalaman perairan optimum yang mana sinar matahari dapat masuk sampai dasar perairan

Kondisi ekologi terumbu karang yang memenuhi persyaratan hidup dan berkembangnya binatang karang membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis oleh alga simbiotik di dalam jaringan karang. Oleh karena itu, kedalaman perairan yang memungkinkan sinar matahari masuk sampai dasar perairan menjadi penting untuk pertumbuhan yang optimal dari terumbu karang dan binatang karang yang hidup di dalamnya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close