Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 17

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 6-10


Halo kawan-kawan kita lanjut lagi membahas kunci pembahasan soal OSN Kebumian tahun lalu. Pantengin terus blog guru geografi dan share ke teman kalian.

6. [Menengah] Plankton adalah jenis hewan mengambang (floating) di perairan laut dengan pergerakan tidak stabil tergantung arus. Plankton hidupnya di kedalaman hingga 300 meter disebut ..... 
a. Haloplankton 
b. Meroplankton 
c. Epipelagic  
d. Mesopelagic 
e. Nekton

Kunci
Jawabannya C. 
a. Haloplankton:
Haloplankton merujuk pada organisme planktonik yang hidup seluruh hidupnya dalam bentuk plankton.
Contohnya termasuk beberapa jenis fitoplankton dan zooplankton seperti diatom, dinoflagellata, dan foraminifera.

b. Meroplankton:
Meroplankton merujuk pada organisme planktonik yang hanya berada dalam fase planktonik dalam sebagian kecil dari siklus hidup mereka.
Contohnya termasuk larva beberapa jenis hewan laut seperti kepiting, kerang, dan ikan yang menghabiskan sebagian dari tahap awal hidupnya sebagai plankton sebelum berkembang menjadi bentuk dewasa.

c. Epipelagic:
Epipelagic merujuk pada lapisan perairan laut yang terletak dekat dengan permukaan laut, biasanya hingga kedalaman sekitar 200 meter.
Di lapisan ini, cahaya matahari masih cukup untuk mendukung fotosintesis dan kehidupan plankton, sehingga merupakan habitat bagi banyak organisme laut, termasuk beberapa jenis ikan pelagis dan plankton.

d. Mesopelagic:
Mesopelagic merujuk pada lapisan perairan laut yang terletak di bawah epipelagic, biasanya dari kedalaman sekitar 200 hingga 1000 meter.
Di lapisan ini, cahaya matahari sudah sangat berkurang atau bahkan tidak lagi tersedia, sehingga organisme di sini cenderung memiliki adaptasi khusus untuk hidup dalam kondisi cahaya rendah atau bahkan gelap total.

e. Nekton:
Nekton merujuk pada organisme laut yang mampu berenang secara aktif secara independen melawan arus atau bergerak melalui perairan laut.
Contohnya termasuk ikan, mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus, serta beberapa jenis cephalopoda seperti cumi-cumi dan gurita.

7. [Menengah] Lihat gambar berikut.

Akibat adanya gelombang ataupun arus, dapat terbentuk  struktur sedimen. Struktur sedimen seperti tampak pada gambar disebut .....
a. water dune
b. lapisan
c. gelembur
d. laminasi
e. jejak gelombang

Kunci
Ripple mark (Gelembur Gelombang) merupakan struktur primer perlapisan sedimen yang menunjukan adanya permukaan seperti ombak atau begelombang yang disebabkan adanya pengikiran oleh kerja air, dan angin. Pada awalnya lapisan batuan sedimen tersebut datar dan horizontal karena adanya pengaruh kerja air dan angin menyebabkan bagian-bagian lemah terbawa air atau angin sehingg menyisahkan cekungan-cekungan yang membentuk seperti gelombang.

8. [Menengah] Narrow area of lands beside sea where swash and backwash occur are ...
a. offshore
b. inshore
c. backshore
d. nearshore
e. forshore

Kunci
The narrow area of land beside the sea where swash and backwash occur is known as: backshore. Look at the picture below:

1. Offshore adalah daerah dari garis gelombang pecah ke arah laut. Inshore merupakan daerah antara offshore dan foreshore.
2. Foreshore adalah daerah yang terbentang dari garis pantai saat muka air terendah sampai batas atas dari uprush pada saat air pasang tinggi.
3. Backshore adalah daerah yang dibatas oleh foreshore dan garis pantai yang terbentuk pada saat terjadi gelombang badai pada saat muka air tinggi.
4. Nearshore zone adalah zona gelombang pecah terjadi. Ada tiga zona yaitu breaker, surf dan swash.
5. Breaker zone adalah zona daerah dimana gelombang pecah terjadi.
6. Surfzone adalah daerah yang membentang antara bagian dalam gelombang pecah dan batas turun naik gelombang di pantai.
7. Swash zone adalah daerah yang terbentang oleh garis batas tertinggi naiknya gelombang dan batas terendah turunnya gelombang di pantai.

c. backshore
9. [Mudah] Daerah di daratau tepi laut atau daerah pantai yang mendapat pengaruh energi laut seperti angin laut, pasang surut, arus dan gelombang laut dinamakan ...
a. pantai
b. sepadan pantai
c. pesisir
d. garis pantai
e. daerah dekat pantai

Kunci
Daerah di daratan atau tepi laut yang mendapat pengaruh energi laut seperti angin laut, pasang surut, arus, dan gelombang laut dinamakan pesisir. Contoh jika rumah kamu masih terdengar deburan ombak saat malam hari meski jaraknya beberapa km dari bibir pantai maka rumah kamu masih masuk kategori daerah pesisir.

10. [Mudah] Gelombang yaug menjalar dari laut dalam ke pantai akan mengalami refraksi gelombang. Refraksi gelombang terjadi akan sesuai dengan hukum ....
a. Pascal
b. Archimedes
c. Nell
d. Newton
e. Phytagoras

Kunci
Hukum Snellius adalah rumus yang menjelaskan hubungan antara sudut datang dan sudut bias pada cahaya atau gelombang lainnya yang melalui batas antara dua medium isotropik berbeda. Hukum Snellius juga dikenal sebagai Hukum Descartes atau Hukum Pembiasan.

Hukum Snellius atau Hukum Snell-Descartes menjelaskan tentang pembiasan cahaya atau gelombang saat melewati antarmuka dua medium yang memiliki kecepatan gelombang yang berbeda. Dalam konteks gelombang laut, hukum ini memiliki peran penting dalam menjelaskan fenomena refraksi gelombang laut saat gelombang berpindah dari perairan dalam ke perairan dangkal seperti di dekat pantai.

Ketika gelombang laut bergerak dari perairan dalam ke arah pantai yang lebih dangkal, kecepatan gelombang akan berubah karena kedalaman perairan berkurang. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar hukum Snell yang menyatakan bahwa ketika gelombang melewati antarmuka medium, misalnya antara air dalam dan air dangkal, sudut datang dan sudut pembiasan berubah sesuai dengan perubahan kecepatan gelombang.


Share with your friends

1 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close