Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 11-15 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 17

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 11-15


Lanjut lagi kita bahas kunci jawaban soal OSN Kebumian tahun lalu. Simak baik-baik dan pelajari dengan baik.

Topik masih seputar oseanografi atau dinamika laut dan karkateristiknya.

11. [Menengah] Pasang surut merupakan gerakan naik turunnya air laut yang disebabkan oleh gerakan massa, air laut akibat dari ... 
a. Adanya gerakan masaa air laut di Bumi yang disebabkan oleh angin 
b. Adanya gaya gravitas Matahari yang lebih besar dari Bulan 
c. Adanya gaya gravitasi Bulan yang lebih dominan dibandingkan grnvitasi Matahari 
d. Adanya gerakan air laut di Bumi karena arus laut 
e. Adanya gerakan massa udara yang membangkitkan angin 

Kunci
Pasang surut merupakan gerakan naik turunnya air laut yang disebabkan oleh gaya gravitasi Bulan dan Matahari terhadap Bumi.

Jadi, jawabannya adalah: c. Adanya gaya gravitasi Bulan yang lebih dominan dibandingkan gravitasi Matahari

Mengapa bulan dominan?. Karena meski ukurannya lebih kecil dari matahari, tapi jaraknya lebih dekat ke bumi. Jadi faktor jarak yang mempengaruhi kekuatannya.

12. [Mudah] Apabila konfigurasi Bumi, Bulan dan Matahari membentuk sudut maksimum 90 derajat, maka akan terjadi pasang surut ..
a. spring tide
b. neap tide
c. range tide
d. full moon
e. perbani

Kunci
Apabila konfigurasi Bumi, Bulan, dan Matahari membentuk sudut maksimum 90 derajat, maka akan terjadi pasang surut: b. neap tide

Pada saat sudut antara Bumi, Bulan, dan Matahari membentuk sudut kanan, gaya tarik gravitasi Bulan dan Matahari saling membatalkan sebagian sehingga menyebabkan pasang surut yang lebih rendah daripada biasanya, yang dikenal sebagai neap tide. Gambarnya di bawah:
13. [Mudah] Arus laut yang disebabkan oleh angin disebut sebagai ... 
a. arus gelombang
b. arus pasang surut
c. arus densitas
d. arus geostropik
e. arus retas pantai

Kunci
Jawabannya arus gelombang. 

1. Arus gelombang adalah aliran horizontal air laut yang disebabkan oleh energi gelombang laut.
2. Arus pasang surut adalah aliran air laut yang disebabkan oleh efek gravitasi Bulan dan Matahari pada Bumi, yang menyebabkan naik dan turunnya permukaan laut secara periodik.
3. Arus densitas adalah aliran air laut yang disebabkan oleh perbedaan densitas air laut yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan salinitas.
4. Arus geostropik adalah aliran horizontal air laut yang disebabkan oleh gaya Coriolis dan tekanan gradien yang muncul akibat perbedaan tekanan atmosfer di berbagai wilayah.
5.  Arus rretas pantai adalah arus laut yang mengalir sejajar dengan garis pantai. Arus ini biasanya terjadi di zona pesisir dan dipengaruhi oleh topografi dasar laut, bentuk pantai, dan fenomena hidrodinamika seperti gelombang laut dan arus pasang surut.

14. [Mudah] Penyebab utama terbentuknya gelombang laut adalah ... 
a. Perbedaan suhu 
b. Angin Laut
c. Arus Laut 
d. Densitas Air laut 
e. Salinitas Air Laut 

Kunci
Angin yang bertiup di atas permukaan air laut menyebabkan gesekan antara angin dan air, yang menghasilkan gerakan di permukaan air yang kemudian berkembang menjadi gelombang laut. Jadi, angin laut adalah penyebab utama terbentuknya gelombang laut.

15. [Sulit] Salinitas air laut sangat bervariasi baik di permukaan air laut maupun di bagian bawah air laut. Pernyataan yang benar di bawah tni adalah ....
a. salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menunjukkan nilai 34.50 permil. sedangkan salinitas di lintang 60° lebih besar berkisar 34-40 permil.
b. salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menunjukkan nilai 34.50 permil. sedangkan salinitas di lintang 60° relatif sama
c. salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menuujukkan nilai 34.50 permil. sedangkan salinitas di lintang 60° bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung arus.
d. salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menuujukkan nilai 34.50 permil. sedangkan salinitas di lintang 60° sebesar 40 permil
e. salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menuujukkan nilai 34.50 permil. sedangkan salinitas di lintang 60° lebih kecil berkisar 32-34 permil

Kunci
a. Salinitas di permukaan air laut pada posisi garis lintang 0° menunjukkan nilai 34.50 permil. Sedangkan salinitas di lintang 60° lebih besar berkisar 34-40 permil.

Hal ini sesuai dengan pola umum salinitas di mana di lintang rendah (seperti garis lintang 0°), salinitas cenderung lebih rendah, sementara di lintang tinggi (seperti lintang 60°), salinitas cenderung lebih tinggi. Arus laut dan pola sirkulasi global dapat memengaruhi variasi salinitas di berbagai lokasi, tetapi umumnya, perbedaan salinitas antara lintang rendah dan tinggi cenderung terjadi.


Pahami jenis gelombang laut berikut: Tipe-Tipe Gelombang Pecah

Share with your friends

2 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close