Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 31-40 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Maret 18

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 31-40


Lanjut lagi kita bahas kunci pembahasan soal OSK Kebumian selanjutanya supaya makin bergairah belajarnya. Jangan bosan baca-baca tulisan pengetahuan di blog guru geografi.

Baca juga: Kunci Simulasi Soal OSK Geografi 2024

31. [Menengah] Selain di wilayah Ekuator yang memiliki daerah angin mati yang disebut 'doldrum. Wilayah lintang menengah juga memiliki daerah ....
a. Lintang Kuda
b. Osilasi Atlantik Utara 
c. El Nino Modoki 
d. Sel Ferrel 
e. Segi Tiga Bermuda

Kunci
Wilayah lintang menengah memiliki daerah angin mati yang disebut dengan Lintang Kuda atau Horse Latitudes. 

Wilayah lintang kuda (Horse Latitudes) adalah wilayah lintang yang terletak di sekitar 30° utara dan selatan khatulistiwa. Istilah "lintang kuda" berasal dari kisah-kisah lama di mana kapal-kapal yang membawa kuda-kuda untuk dijual ke Spanyol atau Amerika Latin terjebak dalam angin mati di wilayah ini dan menjadi kekurangan air dan makanan. Untuk mengurangi beban, mereka sering kali harus membuang kuda-kuda mereka ke laut.

Wilayah lintang kuda adalah wilayah yang sering kali memiliki angin yang lemah atau angin mati karena efek dari pertemuan arus udara di atmosfer. Di lintang kuda utara, angin bertiup dari arah barat ke timur dipengaruhi oleh Sel Ferrel dan bergerak ke arah lintang kuda. Di lintang kuda selatan, arus udara bergerak dari timur ke barat di sebelah utara Selantik, dan dari barat ke timur di sebelah selatan Samudra Selatan, dan akhirnya bertemu di lintang kuda. Di kedua belahan bumi, efek Coriolis mengarahkan arus udara vertikal ke atas, menciptakan zona relatif angin mati.

Wilayah lintang kuda seringkali ditandai oleh kondisi cuaca yang relatif stabil dan kering.


32. [Sulit] When a meteorologist analyzes the wind speed on a synoptic map, it is found that there is an effect of the curvature of the isobars on the wind speed. This isobaric curvature effect will cause ...... which affects the balance of the forces acting on the air parcel
a. Pressure Gradient Force 
b. Coriolis Force 
c. Gravitational Force 
d. Updraft Force 
e. Centrifugal Force

Kunci
When a meteorologist analyzes the wind speed on a synoptic map, the curvature of the isobars influences the wind speed. This is known as the isobaric curvature effect. This effect arises due to the variation in pressure along curved isobars, which affects the balance of forces acting on air parcels.

The correct answer is: a. Pressure Gradient Force

The pressure gradient force is responsible for initiating air movement from areas of high pressure to areas of low pressure. When isobars curve, the pressure gradient force varies in direction and magnitude, influencing wind speed and direction accordingly. This variation in the pressure gradient force due to the curvature of isobars affects the balance of forces acting on air parcels and subsequently influences wind speed.

33. [Mudah] Awan apakah yang terbentuk di atas gunung akibat angin memaksa udara naik? 
a. Awan cirrus 
b. Awan stratus 
c. Awan cumulus 
d. Awan altostratus
e. Awan stratocumulus

Kunci
Biasanya sih disebut Awan lentikular (Altocumulus lenticularis) adalah awan gelombang orografik berbentuk lensa yang terbentuk ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi di bukit dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa dari ketinggian yang berbeda melalui troposfer (6.500 - 16.000 kaki). Bentuknya seperti topi melingkar/tudung.

Namun ada lagi jenis awan lain yang biasa muncul yaitu stratus. Awan stratus dan lenticular ini juga dikenal sebagai awan orografis, yang berkembang ketika topografi bumi, seperti pegunungan, memaksa udara untuk naik. Udara yang melewati gunung berosilasi naik dan turun saat bergerak ke hilir.

34. [Menengah] Sebutkan klasifikasi dan nama awan yang ada pada gambar. 


a. Awan Rendah, Stratus 
b. Awan menengah, Alto Stratus 
c. Awan tinggi, Sirrus lntortus 
d. Awan tinggi, Sirokumulus 
e. Awan menengah, Lentikularis 

Kunci
Awan Cirrus intortus (Ci in) adalah jenis awan cirrus tipis yang memiliki filamen yang tersusun sangat tidak teratur atau melengkung, atau tampak tidak teratur atau kusut. Awan cirrus intortus dapat terbentuk dari kelembapan tingkat tinggi pada suhu di bawah titik beku. Jarang sekali, bahkan tidak pernah, awan intortus menghasilkan curah hujan.

35. [Mudah] Pergerakan udara dalam pola melingkar yang ditimbulkan oleh kombinasi suhu dan rotasi Bumi adalah ....
a. Sting Jet
b. Siklon
c. Downburst 
d. Konveksi 
e. Jet stream

Kunci
Pola melingkar yang ditimbulkan oleh kombinasi suhu dan rotasi Bumi disebut sebagai Siklon. Siklon adalah area rendah tekanan di mana udara bergerak melingkar searah jarum jam di belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum jam di belahan bumi selatan.

Opsi yang benar adalah: b. Siklon. Gambar contoh siklon ada di bawah.

36. [Mudah] Pada lapisan atmosfer manakah sebagian besar cuaca terjadi? 
a. troposfer
b. tropopause
c. mesosfer
d. termosfer
e. eksosfer

Kunci
Sebagian besar cuaca terjadi di troposfera (opsi a), lapisan atmosfer yang terletak paling dekat dengan permukaan bumi. Troposfera adalah lapisan atmosfer di mana peristiwa-peristiwa cuaca seperti pembentukan awan, hujan, badai, dan angin terjadi.

37. [Mudah] Manakah dari pilihan di bawah ini yang bukan termasuk jenis awan?
a. lenticular
b. aspiratus
c. mammatus
d. isohyet
e. pannus

Kunci
Isohyet adalah garis pada peta yang menunjukkan wilayah dengan nilai curah hujan yang sama.

38. [Mudah] Apakah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah uap air di udara? 
a. Dew point 
b. Kelembaban 
c. Presipitasi 
d. Tekanan barometrik 
e. Hujan

Kunci
Kelembaban adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kadar uap air di udara. Ini mencerminkan seberapa banyak uap air yang ada dalam udara relatif terhadap maksimum yang mungkin. Kelembaban biasanya diukur dalam bentuk persentase (misalnya, kelembaban relatif) atau dalam satuan lain seperti gr/m³.

Jadi, istilah "kelembaban" mengacu pada jumlah uap air di udara.

39. [Sulit] Fenomena atmosfer manakah yang terkait dengan sistem tekanan tinggi? 
a. Hujan badai 
b. Cuaca buruk 
c. Langit berawan 
d. Antisiklon
e. Virga

Kunci
Antisiklon adalah area di atmosfer di mana tekanan udara di pusatnya lebih tinggi dari pada area sekitarnya. Biasanya, antisiklon membawa cuaca cerah, angin yang tenang, dan kondisi cuaca yang stabil. Di bawah ini gambar perbedaan siklon dan anti siklon.


40. [Mudah] Manakah dari faktor-faktor di bawah ini yang tidak mempengraruhi proses pembentukan awan?
a. suhu
b. kecepatan angin
c. tekanan atmosfer
d. gravitasi
e. kelembaban

Kunci
Faktor-faktor di bawah ini mempengaruhi proses pembentukan awan, kecuali: d. gravitasi

Gravitasi bukanlah faktor yang secara langsung mempengaruhi proses pembentukan awan. Faktor-faktor lain seperti suhu, kecepatan angin, tekanan atmosfer, dan kelembaban memiliki peran yang lebih signifikan dalam pembentukan awan. Gravitasi hanya mempengaruhi perilaku awan setelah terbentuk, seperti dalam proses presipitasi ketika tetesan air jatuh ke bumi.

Share with your friends

2 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close