Aspek Penting Geografi

- November 30, 2016
Banyak aspek yang dipelajari dalam geografi dan jika dikelompokkan maka geografi terdiri dari dua aspek yaitu aspek fisik dan aspk non fisik. Aspek fisik berkaitan dengan gejala yang bersifat alamiah sedangkan aspek non fisik merupakan gejala yang merupakan hasil budaya manusia. Akan tetapi geografi lebih memfokuskan pada gejala manusia karena manusia merupakan mahluk yang dominan di bumi. Berikut ini contoh aspek penting geografi:
Aspek Penting Geografi
Migrasi Manusia, pic: www.infometrics.co.nz
1. Pemukiman penduduk, menekankan pada wilayah perkotaan dan pedesaan. Pedesaan merupakan wilayah tempat tinggal yang penduduknya hidup dari kegiatan agraris. Sementara perkotaan merupakan wilayah konsentrasi penduduk yang hidupnya bukan bertumpu pada kegiatan agraris namun pada industri dan jasa.

2. Persebaran penduduk, memetakan persebaran penduduk dengan jelas, biasanya dengan bantuan foto udara dan citra satelit. Dari data tersebut dapat diketahui penyebab suatu wilayah lebih padat atau kurang padat dibandingkan wilayah lainnya. Contoh hasil yang didapat adalah wilayah lembah penduduknya lebih banyak dibanding pegunungan dan wilayah kota lebih padat dibanding pedesaan.

3. Kepadatan penduduk dinyatakan dengan jumlah penduduk per luas wilayah. Selain itu kepadatan penduduk dapat dinyatakan dalam perbandingan jumlah orang per luas tanah pertanian dan perbandingan jumlah orang yang hidup dari pertanian per luas tanah garapan.

4. Perubahan penduduk disebut juga pertumbuhan penduduk yang dipengaruhi oleh jumlah kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk atau migrasi.

5. Migrasi penduduk, disebut juga gerakan atau perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain untuk menetap seccara permanen atau sementara. Jenis migrasi diantaranya komuter atau penduduk di pinggiran kita yang pindah untuk bekerja di kota setiap hari.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search