Bentukkan Hasil Sedimentasi

- December 31, 2016
Sedimentasi merupakan salah satu tenaga eksogen dan menjadi bagian penting dari perkembangan bentuk permukaan bumi. Keanekaragaman morfologi permukaan bumi sebagian besar dihasilkan dari mekanisme sedimentasi. Permukaan bumi pada dasarnya dibenutk dari dua gaya yaitu endogen dan eksogen. Endogen adalah gaya dari dalam bumi sedangkan eksogen adalah gaya dari luar permukaan bumi. Berikut ini beberapa bentukkan hasil sedimentasi di permukaan bumi:

1. Delta
Merupakan endapan material di muara sungai baik yang menuju ke danau atau ke laut. Contoh delta di Indonesia adalah delta Missisippi di Amerika Serikat.
2. Flood Plain
Merupakan dataran banjir yang berada di dekat tubuh sungai. Flood plain dibedakan menjadi delta bar, meander bar dan tanggul alam. Delta bar adalah endapan yang terdapat di tengah-tengah lembah sungai. Meander bar adalah endapan yang terdapat di tikungan meander sungai. Tanggul alam adalah punggungan di tepi sungai yang terbentuk karena banjir.
3. Tombolo
Merupakan tanggul pasir alami yang menghubungkan daratan dengan pulau yang berada dekat pantai. Tombolo merupakan bentukan gosong pasir yang terbentuk di laut yang tidak terlalu dalam.
Bentukkan Hasil Sedimentasi
Delta Missisippi, pic: flickr
4. Beach (Pesisir)
Pesisir terbentuk di daerah yang terlindung seperti teluk.
5. Bukit Pasir
Bukit pasir adalah gundukan pasir yang terdapat di pantai atau wilayah gurun sebagai ahsil dari pengendapan material yang diangkut angin.
6. Bar
Merupakan gosong pasir atau kerikil yang terletak di dasar laut.
7. Plato
Merupakan dataran tinggi yang luas dengan lembah dan bukit di sekelilingnya akibat hasil erosi.
8. Dataran rendah
Merupakan permukaan bumi yang merupakan hasil sedimentasi pantai dan berhadapan dengan laut dangkal.
9. Meander
Merupakan kelokan sungai yang terdapat disepanjang alirannya sebagai akibat dari pengikisan dan pengendapan.
10. Peneplain
Merupakan dataran rendah setinggi permukaan air laut yang miring menunjam sangat landai ke arah laut dan terdapat sisa erosi berbentuk tonjolan batu pejal.
11. Pantai berteras
Merupakan apantai yang berundak-undak terbentuk karena dataran naik berangsur-angsur di setiap ketinggian tertentu dengan masa henti cukup lama.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search