Geografi Islandia

- December 05, 2016
Islandia, merupakan sebuah negara pulau di Atlantik Utara dengan garis pantai sepanjang 4.800 km.  Islandia berbatasan dengan Laut Greenland di utara, Laut Norwegia di timur, Samudera Atlantik di selatan dan barat. Islandia adalah sebuah pulau unik di Samudera Atlantik, terletak dekat Lingkaran Arktik, antara Greenland dan Norwegia. Islandia memiliki ukuran yang sama seperti Hungaria dan Portugal, atau Kentucky dan Virginia. Islandia adalah pulau terbesar kedua di Eropa, menyusul Inggris, dan pulau terbesar ke-18 di dunia. Diperlukan waktu sekitar lima jam untuk terbang dari New York ke Reykjavík, dan tiga jam dari London.

Islandia adalah salah satu daratan termuda di planet ini, dan rumah bagi beberapa gunung berapi paling aktif di dunia. Pulau ini terbentuk dari  celah vulkanik besar di Mid-Atlantic Ridge, di mana lempeng Eurasia dan lempeng tektonik Amerika bertemu. Bahkan saat ini, negara ini tumbuh sekitar 5 cm per tahun, karena perpecahan yang lebih luas pada titik-titik di mana dua lempeng tektonik bertemu.
Geografi Islandia
Peta Islandia, pic: britannica.com
Pada tahun 2010 gunung berapi Eyjafjallajökull meletus dan pada tahun 2011 Grimsvotn. Letusan gunung berapi terbaru adalah di Holuhraun dari Agustus 2014 sampai Februari 2015. Letusan menghasilkan medan lava lebih dari 85 km² (33 sq mi) dan 1,4 km kubik (0,34 cu mi) yang terbesar di Islandia sejak 1783. 

Puncak tertinggi Islandia adalah Hvannadalshnjukur, berdiri setinggi 2,119 meter (6.852 kaki) di atas permukaan laut dan lebih dari 11 persen dari negara ini ditutupi oleh gletser, termasuk Vatnajokull, yang terbesar di Eropa. Permukaan Islandia terdiri gletser (12.000 km²), lava (11.000 km²), pasir (4.000 km²), air (3.000 km²) dan padang rumput (1.000 km²). 
Islandia adalah negara terpadat setidaknya di Eropa. Hampir 80% dari negara ini berpenghuni, dan kebanyakan dari wilayah yang terdiri dari dataran, puncak gunung, dan dataran rendah yang subur. Ada banyak fjord yang panjang dan curam dan gletser, termasuk terbesar di Eropa, Vatnajökull. Landskapnya ditandai dengan banyak air terjun, geyser, gunung berapi, pantai pasir hitam dan bidang lava mengepul seperti dunia lain.
Geografi Islandia
Lanscape Islandia, pic: flickr
Islandia memiliki cuaca relatfi hangat yang berasal dari Gulf Stream. Cuaca juga dipengaruhi oleh angin kutub. Suhu musim panas rata-rata di Reykjavik adalah 10,6°C / 51 ° F pada bulan Juli, dengan tertinggi rata-rata 24,3°C / 76°F. Suhu musim dingin rata-rata di Reykjavik mirip dengan New York City, sekitar 0°C / 32°F pada bulan Januari (rata-rata tertinggi adalah 9,9°C / 50°C). Cuaca bisa sangat tak terduga dan sering berubah dalam sekejap.
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search