Geografi Italia

- December 07, 2016
Italia, negeri pizza dan salah satu negara  tujuan wisata dunia dengan beragam daya tarik wilayah dan budayanya. Secara geografis, Italia adalah negara berbentuk sepatu boot memanjang ke laut Mediterania. Panjang negara ini 1.130 kilometer dan memiliki luas total sekitar 301.238 kilometer persegi yang terdiri dari beberapa pemandangan paling beragam dan indah di bumi. Perbatasan darat Italia adalah dengan Swiss, Perancis, Austria dan Slovenia. Ada dua negara merdeka dalam perbatasan Italia: San Marino dan Vatikan.

Pegunungan
Italia banyak didominasi oleh pegunungan dengan rentang lebih dari 700 meter yang mencakup sepertiga dari luas negara. Deretan paling terkenal adalah Pegunungan Alpen, Dolomites dan Appenines. Pegunungan Alpen Itlaia dibagi menjadi tiga kelompok utama. Kelompok pertama, Alpen Barat membentang dari utara ke selatan dari Aosta ke Cadibona Pass, dengan puncak tertinggi Gunung Viso 3841 meter dan Gran Paradiso 4.061 meter yang dianggap sebagai gunung tertinggi di Italia. Kelompok kedua, Pegunungan Alpen Central membentang dari barat ke timur dari Pegunungan Alpen Barat ke Brenner Pass, yang mengarah ke Austria dan Trentino - lembah Alto Adige. 
Geografi Italia
Peta Geografis Italia, pic:http://fs.huntingdon.edu/jlewis
Kelompok ini juga memiliki puncak tinggi, seperti Monte Bianco (Mont Blanc) dengan puncak 4.807 meter lebih dari perbatasan di Perancis, Monte Cervino (Matterhorn) 4478 meter, Monte Rosa dengan puncak 4634 meter lebih dari perbatasan di Swiss, dan Gunung Ortles 3.905 meter. Kelompok terakhir, Alpen Timur membentang dari barat ke timur dari Brenner Pass ke Trieste dan termasuk Dolomites dan Gunung Marmolada 3343 meter. Perbukitan Alpen, yang mencapai tidak lebih tinggi dari 2.500 meter, terletak diantara pegunungan Alpen dan lembah Po.

Apennines membentuk tulang punggung dari negara dan menjalar panjang penuh di semenanjung Italia dari Cadibona Pass ke ujung Calabria, terus ke pulau Sisilia dengan rentang panjang 2.000 kilometer panjang. Meskipun sempit di setiap akhir, hanya sekitar 32 kilometer lebarnya, pegunungan ini membentang 190 kilometer di Apennines Tengah, timur Roma, di mana "Great Rock of Italy" (Gran Sasso d'Italia) menjadi puncak tertinggi di titik 2.912 meter. Daerah ini juga termasuk satu-satunya gletser di Italia, Calderone, paling selatan di Eropa.

Dataran Rendah

Antara Alpen dan Appenines terletak dataran rendah Padan. Dataran ini dialiri oleh sungai terpanjang Italia, Po, membentang sejauh 652 kilometer ke arah timur dari Pegunungan Alpen Cottian ke Laut Adriatik. Dataran rendah mencakup kurang dari seperempat luas Italia dengan Dataran rendah Padan merupakan paling luas.

Padan menempati lebih dari 44.000 dari 77.000 kilometer persegi dataran rendah Italia. Ketinggiannya mencapai 550 meter di atas laut tetapi sebagian besar terletak di bawah 100 meter. Perairan Sungai Po dan semua anak-anak sungainya, bersama-sama dengan Reno, Adige, Piave, dan sungai Tagliamento, akhirnya memberikan irigasi penting untuk pertanian intensif di dataran rendah yang subur. Dataran terkenal lainnya termasuk Maremme dari Tuscany dan Lazio, Rawa-Rawa Pontine, yang Campania Plain subur di sekitar Vesuvius dan agak kering yaitu Apulian Plain. Di Sisilia Dataran Catania adalah daerah yang baik untuk tumbuh buah jeruk.
Geografi Italia
Dataran Rendah di Italia, pic: www.splendidtable.org/
Danau

Ada sekitar 1.500 danau di Italia. Sebagian besar adalah danau Alpine kecil yang digunakan untuk skema pembangkit listrik tenaga air. Danau lainnya, seperti Bolsena dan Albano di Lazio, menempati kawah gunung berapi purba. Ada juga laguna pesisir, seperti Danau Lesina dan Varano di Puglia, dan danau yang dihasilkan dari patahan prasejarah, seperti Danau Alleghe, dekat Belluno. 

Yang paling terkenal, terbesar, dan paling penting dari danau Italia yang Lakes Garda, Maggiore, Como, Iseo, dan Lugano. Danau tersebut terletak di utara Italia sekitar Milan. Mereka memiliki iklim semi-Mediterania dan dikelilingi oleh rumpun pohon zaitun dan jeruk. Italia juga memiliki daerah yang cukup besar di mana sebagai akibat dari batuan berpori, air bawah tanah, membentuk sungai bawah tanah, lubang-lubang pembuangan, dan danau. Ini sering dikaitkan dengan gua-gua yang paling terkenal di antaranya adalah di Castellana Puglia.

Pantai

Termasuk pulau-pulau, Italia memiliki garis pantai total 7.600 kilometer, dan sangat sangat bervariasi. Pantai berbatu, berkerikil dan tinggi berada di sepanjang Genoa. Daerah paling terkenal adalah Cinque Terre. Di wiayah selatan, pantai membentang dari Tuscany ke Campania. Delta megah sungai Po, membentang dari Rimini ke Monfalcone yang penuh dengna laguna paling terkenal di sekitar Venice. Italia dikelilingi oleh lautan di tiga sisinya. 

Ke barat laut adalah laut Liguria, ke barat dan selatan barat laut Tyrrhenian, ke selatan dan timur selatan adalah Laut Ionia dan ke timur adalah laut Adriatik Dua pulau terbesar di Mediterania, Sisilia dan Sardinia, keduanya bagian dari Italia.
Comments
1 Comments

1 komentar:

avatar

I need to to tһank yߋu for this excellent rеad!! I certainly loved eѵery bit of it.
I have үou book marked tο check out new stuff you post…

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search