Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, September 19

Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis merupakan salah satu bioma yang tersebar di daerah khatulistiwa dan merupakan tipe vegetasi yang lebat. 

Hutan ini tersebar dari daerah dataran rendah hingga pegunungan yang punya curah hujan merata sepanjang tahun. Suhu udaranya antara 25-26 derjaat C dengan kanopi hujan yang rapat.

Kanopi adalah jenis hutan yang memiliki pohon tinggi. Hutan tropis punya kompleksitas kehidupan yang tinggi. Baca juga: Ekosistem bioma air tawar

Persebaran hutan hujan terdapat di Lembah Sungai Amazon yang meluas hingga ke Karibia, Teluk Meksiko, Kolombia dan Ekuador. 

Kemudian disepanjang khatulistiwa di Afrika Tengah, Afrika Barat sampai Afrika Timur dan Madagaskar, India, Sri Langka, Indonesia, Filipina dan Fiji. 

Jenis tumbuhan yang menghuni hutan hujan tropis antara lain pohon kayu berukuran besar dan tinggi, terna, tumbuhan pemanjat, efifit, tumbuhan pencekik, saprofit dan parasit.
Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis
Hutan tropis yang lembab
1. Pohon-Pohon Hutan
Jenis hutan ini punya ukuran tinggi yang disebut kanopi atau tajuk pohon, tajuk ini berlapis-lapis. Tajuk biasanya tidak beraturan, pohon tingkat tinggi (A) sering berjauhan dan jarang. 

Pohon tingkat B memiliki ketinggian 15-30 m. Pohon tingkat C biasanya lebih kecil dan kerdil dengan ketinggian 5-15 meter.

2. Terna
Jenis vegetasi ini terdapat di bagian hutan yang lapisanpohonnya jarang, tumbuhannya terdiri dari semak atau paku-pakuan. Tinggi terna tidak lebih dari 5 m dan ada di lokasi hutan yang terbuka atau di pinggir aliran sungai.
Strata hutan hujan
3. Tumbuhan Pemanjat
Tumbuhan pemanjat ini disebut juga liana. Tumbuhan ini membelit pohon sampai ke atas mencari matahari. Seperti kawat atau tail dan ukurannya setebal paha pria dewasa. Panjangnya dapat mencapai 200 m. 

Liana ini terkadang memanjat dari satu pohon ke pohon lain. Liana dapat dijumpai di pinggiran sungai yang merupakan flora khas tropis.

4. Efifit
Efifit merupakan vegetasi yang melekat atau menempel pada batang atau dahan pohon lain. Jenis tumbuhan ini tidak berpengaruh buruk pada tumbuhan yang ditempelinya. Efifit terdapat juga pada tumbuhan yang telah mati. 

Efifit ini merupakan tumbuhan yang umum dijumpai di daerah tropis. Contohnya anggrek, kadaka, algae, lumut kerak, lumut daun dan lumut hepar.
Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis
Raflessia Arnoldi
5. Tumbuhan Pencekik
Tumbuhan ini awalnya adalah efifit dengan akar menjulur ke bawah sampai ke tanah hingga tidak bergantung pada inangnya. Tumbuhan ini pada akhirnya membunuh pohon yang semula memberikan sumber makan seperi Piccus spp. 

6. Safrofit
Jenis tumbuhan ini mendapatkan sumber makanan dari pohon yang sudah mati. Tumbuhan ini terdapat pada lantai hutan yang banyak terdapat batang dan daun yang telah mati.

7. Parasit
Parasit terdiri atas dua jenis yaitu parasit akar yang tumbuh di atas akar seperti Rafflessia arnoldi. Kemudian hemiparasit atau setengah parasit yang tumbuh seperti efifit di atas pohon seperti benalu. 

Baca juga: Rangkuman bab dinamika biosfer lengkap

Gambar: disini, disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close