Globalisasi itu Apa?

- December 16, 2016
Istilah globalisasi sudah familiar di kalangan masyarakat, tapi belum tentu kita paham tentang konsep globalisasi itu, bukan?. Saat ini kita berkomunikasi dan berbagi budaya masing-masing daerah/negara melalui internet, travelling, atau perdagangan dan lalu lintas produk hanya dalam hitungan jam atau hari. 

Kita berada dalam era ekonomi global yang sangat cepat, dimana sesuatu yang terjadi di satu tempat akan dengan mudah tersebar ke berbagai penjuru hanya dalam hitungan detik. Inilah yang dimaksud globalisasi, sebuah kecepatan. Globalisasi merupakan proses dimana dunia menjadi tidak ada batas lagi dan semua hal bisa dengan mudah berpindah dan melewati batas teritorial negara. 

Globalisasi telah meningkatkan produksi barang dan jasa. Berbagai anak perusahaan kini menancap di seluruh negara tujuan. Proses ini telah dimulai selama ratusan tahun silam namun mengalami percepatan dalam setengah abad terakhir seiring penemuan teknologi komunikasi dan transportasi. Globalisasi telah menghasilkan:

- peningkatan perdagangan internasional
- pembukaan cabang perusahaan di lebih dari satu negara
- ketergantungan pada ekonomi global
- pergerakan modal, barang dan jasa yang bebas

Meskipun globalisasi mungkin membantu meningkatkan penghasilan negara berkembang, namun hal ini tetap memicu terjadinya kesenjangan antara negara-negara miskin dan kaya di dunia. Berikut ini peta gambaran pendapatan tiap negara (per kapita) di dunia yang didapat dari BBC.
Rata-Rata Pendapatan Per Kapita Negara, pic: bbc.uk
Mengapa harus globalisasi?
Ada beberapa faktor kunci yang memngaruhi proses globalisasi di dunia:
- Perbaikan transportasi, kapal kargo yang lebih besar mengurangi biaya transportasi barang. Dalam hal ini biaya per item dapat dikurangi ketika barang dibawa dalam jumlah besar. Perbaikan transportasi juga berarti bahwa barang dan manusia dapat melakukan perjalanan lebih cepat.
- Perdagangan bebas, organisasi seperti World Trade Organization, mempromosikan perdagangan bebas antar negara yang membantu menghilangkan hambatan antar negara.
- Perbaikan komunikasi, internet dan teknologi mobile telah memungkinkan komunikasi yang lebih besar antara orang-orang di seluruh dunia.
- Ketersediaan tenaga kerja, negara-negara seperti India punya biaya lebih rendah dalam hal tenaga kerja dan skill mereka cukup mumpuni. Industri padat karya seperti tekstil dapat mengambil keuntungan dari biaya tenaga kerja murah dan mengurangi pembatasan hukum di negara berkembang

Perusahaan Transnasional
Globalisasi telah menghasilkan banyak bisnis dengan cara mendirikan atau membeli hak operasional di negara lain. Saat perusahaan asing berinvestasi di suatu negara, mungkin dengan membangun pabrik maka ini dinamakan investasi masuk. Perusahaan yang masuk tersebut dinamakan perusahaan multinasional (MNC) atau perusahaan transnasional (TNC). Lihat saja Mc Donald yang punya hampir 30 ribu restoran di 119 negara.

Mayoritas TNC berasal dari negara maju seperti AS dan Inggris. Banyak perusahaan multinasional lain berinvestasi di negara maju lain seperti halnya Ford punya pabrik di Inggris. Faktor TNC banyak menginvasi negara adalah:
- bahan baku murah
- upah tenaga kerja murah
- transportasi baik
- kebijakan pemerintah lunak
- akses pasar murah
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search