Piramida Penduduk Ekspansi, Stasioner dan Konstruktif

- December 18, 2016
Pernah lihat piramida di Mesir?, bentuknya seperti apa?. Lalu apa bedanya dengan piramida penduduk?. Piramida penduduk merupakan sebuah grafik yang menunjukkan struktur penduduk suatu negara diliha berdasarkan umur dan jenis kelamin. Rentang usia yang digunakan dari 0 - 64 ke atas dan dibuat dalam rentang interval usia 5 tahun. Fungsi piramida penduduk sangat vital bagi pembangunan manusia diantaranya:

1. dapat mengetahui gambaran umum penduduk suatu negara
2. dapat melihat perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan
3. untuk meramalkan pertumbuhan penduduk di masa depan
4. untuk merencanakan pembangunan sesuai data penduduk yang ada

Ada 3 jenis piramida penduduk yaitu ekspansi, stasioner dan konstruktif
Piramida Penduduk Ekspansi, Stasioner dan Konstruktif
Jensi Piramida Penduduk, pic: www.prb.org
Piramida Ekspansi
Piramida penduduk ekspansif digunakan untuk menggambarkan populasi penduduk yang dominan brada di usia muda dengan kelahiran tinggi. Piramida ini sering ditandai dengan bentuknya yang khas 'piramida segitiga', yang memiliki dasar yang luas dan atas sempit. Piramida penduduk ekspansif menunjukkan persentase lebih besar dari penduduk di kelompok usia yang lebih muda. Piramida ini banya ditemui di negara-negara berkembang atau miskin. Angka kelahiran tinggi dan tidak diimbangi dengan tingkat kesehatan yang baik membuat persentase penduduk usia muda sangat banyak.

Piramida Stasioner 
Piramida penduduk ini digunakan untuk menggambarkan populasi yang tidak tumbuh atau stagnan. Bentuknya dicirikan dengan persegi panjang, menampilkan persentase agak sama di seluruh kelompok umur yang lancip ke arah atas. Piramida ini menunjukkan karakteristik negara-negara maju dimana tingkat kelahiran rendah dan secara keseluruhan kualitas hidup yang tinggi. Ini diketahui dari jumlah penduduk di semua rentang usia tidak terlalu jauh.

Piramida Konstruktif
Piramida penduduk konstriktif digunakan untuk menggambarkan populasi yang didominasi  tua dan menyusut. Piramida konstriktif sering dapat terlihat seperti sarang lebah dan biasanya memiliki bentuk terbalik dengan grafik meruncing di bagian bawah. Piramida konstruktif memiliki persentase yang lebih kecil dari orang-orang di kelompok usia yang lebih muda dan biasanya karakteristik negara-negara dengan tingkat yang lebih tinggi dari pembangunan sosial dan ekonomi, di mana akses terhadap pendidikan yang berkualitas dan perawatan kesehatan tersedia untuk sebagian besar penduduk. Produktifitas kerja tinggi membuat adanya perubahan pola pikir di kaum perempuan terutama. Mereka enggan menikah dan punya anak jika belum sukses. Hal ini sedang dialami oleh Jepang saat ini. 
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search