Skala Kekerasan Batuan Mohs - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 7

Skala Kekerasan Batuan Mohs

Apakah kamu pernah berfikir bahwa setiap batuan itu sama kerasnya?. Ternyata salah, tiap batuan punya daya kekerasan yang berlainan. Salah satu sifat fisik batuan adalah kekerasannya. 

Kekerasan batuan atau mineral berbeda-beda. Ada batuan  yang mudah digores dengan kuku, tetapi ada pula yang tidak dapat digores dengan pisau sekalipun.

Bermacam-macam ukuran kekerasan batuan yang telah dibuat, namun ukuran yang dipakai secara internasional adalah ukuran yang diusulkan pada tahun 1822 oleh seorang ahli mineral yaitu Friedrich Mohs dan ukuran ini dinamakan Moh’s Hardness Scale. 

Pada Skala Mohs beberapa mineral standar diberikan urutan kekerasannya, mulai dari 1 (paling lunak) sampai 10 (paling keras). Talk merupakan mineral yang terlunak, sedangkan Intan sebagai mineral yang terkeras, makanya harganya mahal. 

Mineral yang tertera dalam skala  di bawah ini  dapat menggores mineral manapun yang derajat kekerasannya lebih kecil atau mineral ini dapat digores oleh mineral manapun yang derajat kekerasannya lebih besar. 
Kekerasan Mineral Batuan
Untuk menentukan kekerasan mineral/batuan yang tidak ada dalam skala, dapat dicoba dengan menggoreskan mineral tersebut dengan mineral standar Mohs, mulai dari yang berderajat kekerasan paling kecil menuju ke derajat kekerasan yang besar. 

Seandainya mineral yang tidak dikenal itu dapat menggores Kalsit, tetapi dapat digores oleh Fluorit maka kekerasannya dinilai 3,5. Dan seterusnya dapat dilakukan untuk mineral/batuan yang lainnya. 

Sumber: Warnadi. Geologi Dasar
MINERAL
RUMUS KIMIA
KEKERASAN
KETERANGAN
TALK
Mg3Si4O10(OH)2
1
Dapat ditekan jari
GIPSUM
CaSO4 2H2O
2
Dapat digores kuku
KALSIT
CaCO3
3
Dapat menggores kuku
FLUORIT
CaF2
4
Sekeras perunggu
APATIT
Ca5(FCl)(PO4)3
5
Sekeras pisau baja
FELDSPAR
KalSi3O3
6
Sekeras kikir
KUARSA
SiO2
7
Sekeras baja bagus
TOPAS
(AlF)2 SiO4
8
Baja dapat digores
KORUNDUM

Al2O3

9
Semua dapat digores
INTAN
C
10
Semua dapat digores

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close