Faktor Erosi Tanah

- February 07, 2017
Erosi merupakan proses pengikisan batuan dan tanah melalui media pengangkut yaitu air, angin dan es. Setiap daerah punya peluang erosi yang berbeda-beda tergantung faktor-faktor pemicunya. Berikut ini faktor-faktor erosi tanah:

a. Cuaca
Hujan merupakan faktor utama dari pemicu erosi. Saat hujan besar terjadi dalam waktu pendek, erosi yang terjadi biasanya lebih besar dibanding ujan dengan intensitas kecil namun lama. Itulah sebabnya bencana erosi longsor lebih banyak terjadi saat curah hujan sedang tinggi.

b. Tanah
Sifat tanah berbeda-beda tiap daerah dan hal ini menentukan mudah tidaknya tanah ter erosi. Tekstur, unsur organik, struktur dan daya permeabilitas memengaruhi erosi tanah. Tekstur berkaitan dengan ukuran partikel tanah dan akan membentuk jenis tanah tertentu. Tekstur tanah terdiri dari pasir, debu dan liat. Unsur organik terdiri atas limbah tanaman dan hewan sebagai hasil dekomposisi. Bahan organik ini berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan daya permeabilitas tanah. Struktur tanah adalah susunan partikel-partikel tanah yang membentuk agregat yang memengaruhi tanah dalam penyerapan tanah. Daya permeabilita adalah kemampuan tanah untuk meloloskan air.
Faktor Erosi Tanah
Erosi bisa terjadi di mana saja
c. Topografi
Merupakan tingkat kemiringan dan ketinggian lereng. Air akan cepat mengalir di daerah yang punya kemiringan tinggi dan panjang. Untuk mengurangi laju aliran biasanya lerengan ditanami tumbuhan keras atau membuat kontur terasering.

d. Vegetasi
Daerah yang banyak vegetasi akan mengurangi laju erosi karena akar, batang dan daun berfungsi menahan kekuatan laju air. Tumbuhan merupakan aset berharga dalam menghambat laju erosi tanah di pegunungan.

e. Tata Guna Lahan
Alih fungsi lahan saat ini akan mempercepat laju erosi. Daerah perbukitan yang dibuat pemukiman atau perladangan akan meningkatkan erosi di hulu.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search