Perbedaan Geografi dan Geologi

- February 21, 2017
Dua ilmu ini pada dasarnya mempelajari tentang Bumi, namun ada perbaan mendasar antara geografi dan geologi. Sebagai bagian awal, mari kita lihat dua kata awal pembentuknya.

Geo merupakan bumi sementara grafi artinya gambaran, sementara logi artinya ilmu atau studi. Oleh karena itu geografi adalah studi tentang kenampakan bumi sementara geologi adalah studi tentang bagian dalam bumi.

Lalu apa lagi perbedaan antara geografi dan geologi?. Banyak, namun lebih mudah untuk melihat geografi dan geologi secara terpisah agar dapat memahami kajain masing-masing ilmu.

Apa itu Geografi?
Geografi adalah bidang studi yang berkaitan dengan kenampakan bumi misalnya laut, pegunungan dan negara-negara di bumi. Seorang mahasiswa geografi lebih lanjut akan mempelajari bagaimana permukaan bumi ini dibedakan, bagaimana daktor kepadatan penduduk, sebaran vegetasi, industri dan tata guna lahan misalnya. 

Untuk membuat studi ini lebih mudah dikaji maka geografi dibagi menjadi dua cabang utama yaitu:
- Geografi manusia
- Geografi fisik

Bagaimanapun, geografi dapat dikalsifikasikan ke banyak cabang yang mewakili faktor pembentuk bumi dan lingkungan. Contohnya manusia, geografi fisik dan geografi regional.

Geografi manusia melihat hubungan manusia dan pengaruhnya terhadap perubahan lingkungan bumi. Ini mencakup kepadatan penduduk, sebaran bahasa, politik, agama dan hasil budaya lainnya seperti rumah adat.

Faktor penting geografi manusia termasuk ketergantungan manusia terhadap lingkungan dan bagaimana manusia memodifikasi dan beradaptasi dengan lingkungan. Fenomena migrasi, perubahan pola pemukiman dan perang menjadi bagian dari studi geografi manusia.
Perbedaan Geografi dan Geologi
Kepadatan kota Jakarta
Geografi fisik berkaitan dengan karakteristik fisik bumi, seperti permukaan air, iklim, tanah, sebaran bioma dan fauna. Berbagai bentukkan hasil budaya manusia juga masuk di dalamnya seperti pesawahan, jembatan, perkotaan dan pedesaan.

Geografi regional melihat perbedaan wilayah atau region di permukaan bumi menggunakan ebrbagai faktor untuk menentukan perbedaan dan persamaan wilayah. Perbandingan itu didasarkan pada karakteristik tertentu seperti jenis tanah, pegunungan, vegetasi, sumber daya alam dan iklim. Geografi regional membantu untuk membagi bumi menjadi berbagai daerah utama sesuai dengan kesamaan mereka.

Apa itu Geologi?
Geologi adalah ilmu yang berkaitan dengan bagaimana bumi ini terbentuk. Kajiannya fokus pada sejarah fisik bumi, kondisi fisik, kimia dan biologi yang sudah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi pada bumi ini. Objek kajian geologi seperti batuan, mineral, tanah, cekungna laut, fosil dan gunung api.
Perbedaan Geografi dan Geologi
Lava erupsi Maona Loa
Geologi mempelajari pula fondasi permukaan bumi yang terkait dengan lempeng tektonik  dan gerakannnya sehingga merubah struktur kulit bumi dair waktu ke waktu. Hal ini juga terkait dengan gempa, tsunami dan keajaiban alam dunia. Seorang mahasiswa geologi akan mempeljari hal berikut:
- bagaiman bumi tercipta?
- bagaima proses-proses yang terjadi di bumi?
- mengapa bumi ini dinamis?
- bagaimana melihat struktur penyusun bumi?
- bagaimana bentuk benua di masa lalu dan masa depan?

Singkatnya perbedaan geografi dan geologi adalah:
- geografi berkaitan dengan fenomena di permukaan bumi
- geologi lebih melihat apa yang terjadi di dalam bumi dan pengaruhnya bagi permukaan bumi. 
Gambar: hilo.hawaii.edu, tempo
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search