Potensi Air Permukaan dan Air Tanah Dalam

- December 05, 2017
Coba perhatikan rumahmu, apakah ada sumur disana?. Jika ada maka pastinya itu berasal dari air tanah. Air tanah adalah air yang berada di lapisan bawah permukaan tanah. Kedalaman air tanah tidak sama pada setiap lokasi atau daerah. Hal ini disebabkan oleh ketebalan lapisan permukaan tanah dan kedudukan lapisan air tanah. Ada dua potensi air tanah yaitu air tanah permukaan dan air tanah dalam. Kedalaman air pada sumur-sumur merupakan cerminan kedalaman air tanah pada suatu lokasi. Permukaan yang merupakan bagian atas dari tubuh air disebut permukaan freatik. Volume air yang meresap ke dalam tanah tergantung pada jenis lapisan batuannya. Ada dua jenis lapisan batuan yaitu lapisan kedap air (impermeable) dan lapisan tidak kedap air (permeable). Baca juga: Klasifikasi iklim koppen dan cirinya

a. Lapisan kedap air
Ukuran pori pada lapisan kedap air sangat kecil sehingga kemampuan untuk meneruskannya juga kecil. Ukuran pori adalah jumlah ruang pada celah butir-butir tanah yang dinyatakan dengan bilangan persen. Contoh lapisan kedap air adalah lapisan geluh, napal dan lempung. Permukaan lapisan lempung mengisap air hingga jenuh namun setelah itu air tidak akan terserap lagi sehingga sisanya akan dialirkan sebagai limpasan permukaan atau tergenang. Coba lihat saja air di sawah.

b. Lapisan tidak kedap air
Ukuran pori pada lapisan tak kedap air cukup besar. Oleh sebab itu kemampuan untuk meloloskan airnya jga besar. Air hujan yang jatuh ke daerah ini akan terus meresap ke bawah tanah sampai tertahan oleh lapisan kedap air. Contoh lapisan tembus air adalah pasir, padas, kerikil dan kapur. Lapisan ini merupakan tempat persediaan air yang baik namun untuk daerah karst, air berada jauh di bawah tanah. Itulah penyebab daerah karst/kapur sulit air karena airnya jauh di bawah tanah.

Diantara lapisan tembus dan kdap air ada lapisan peralihan yang merupakan variasi dari dua jenis lapisan tersebut. Keadaan air tanah dan posisinya pada lapisan tak kedap air dapat memengaruhi gerak aliran air. Jika lapisan yang kurang kedap terletak di atas dan di bawah suatu tubuh air, akan terbentuk suatu lapisan penyimpanan air yang disebut air tanah tak bebas. Baca juga: Bioma tundra di bumi itu kaya gimana?
Potensi Air Permukaan dan Air Tanah Dalam
Penampang air tanah permukaan dan dalam
Tekanan air yang timbul dari air tak bebas tergantung pada perbedaan ketinggian suatu tempat dengan daerah tangkapan hujannya. Di daerah dengan letak permukaan air tanah lebih rendah air permukaan air tanah pada daerah tangkapan hujan maka air tanah akan memancar keluar dari sumur yang dibor. Sumur yang demikian disebut sumur artesis. Artesis berasal dari bahasa Perancis artois. Di daerah Artois Perancis pada abad pertengahan, orang disana membuat sumur yang dalamnya mencapai ratusan meter dan sering dijumpai air memancar dari lubang sumur. Air yang keluara dari daerah inilah yang dinamakan air sumur artesis. Air artesis sangat penting bagi daerah kering seperti di daerah arid dan semi arid. Baca juga: Rumus hitung episentrum gempa

Air tanah freatik terdapat pada formasi lapisan batuan tembus air yang mengikat air tanah dengan jumah cukup besar. Kedalaman lapisan freatik tergantung pada ketebalan lapisan-lapisan batuan diatasnya. Jika pada lapisan freatik terdapat retakan atau patahan, air akan keluar ke permukaan dan sering membawa endapan. Baca juga: Unsur kehidupan desa

Potensi Air Permukaan dan Air Tanah Dalam
Sumur amblas karena volume air tanah habis

c. Pemanfaatan air tanah
Beberapa wilayah di Indonesia memiliki cadangan air tanah potensial. Hal ini disebabkan oleh faktor:
1. Intensitas curah hujan cukup tinggi yaitu diatas 1.000 mm/tahun.
2. Tingginya jumlah populasi vegetasi penutup tanah dan luasnya wilayah hutan. 

Dengan potensi kandungan air tanah di Indonesia, air tanah dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup. Secara umum, air yang paling bersih dan paling sehat untuk minum, masak, mandi dan mencuci adalah air tanah. Hal ini karena air tanah berasal dari penyaringan, pembersihan, penetralan oleh batuan alam.

Pemanfaatan air tanah tertekan dapat dilakukan dengan teknologi pengeboran sehingga muncul air artesis yang bermanfaat bagi pertanian dan industri. Sungai-sungai besar di Indonesia seperti Musi, Kapuas, Mahakam, Memberamo menyediakan air yang besar karena berasal dari daerah hulu yang kaya mata air di hutan.

d. Upaya menjaga kelestarian air tanah
Untuk menjaga kelestarian air tanah di lingkungan kita, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:
1. Mencegah penggunaan air tanah berlebihan karena akan mengurangi volume air tanah secara drastis.
2. Mengendalikan kepadatan penduduk di pemukiman untuk menekan konsumsi air tanah.
3. Mencegah pengrusakan hutan dan ilegal logging.
4. Mengurangi kontaminasi limbah terhadap air tanah.
5. Pelaksanaan AMDAL yang konsisten.
6. Konservasi DAS dari hulu ke hilir.
Baca juga: Metode arah bearing dan azimuth
Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search