Bioma Tundra di Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Maret 29

Bioma Tundra di Bumi

Tundra adalah bioma terdingin diantara semua bioma yang ada di dunia. Tundra berasal dari kata Finlandia tunturia  yang berarti polos tanpa pohon. 
 
Ini didasari dari kenampakan beku yang ada disekitarnya dengan suhu rendah, sedikit presipitasi, nutrisi buruk, dan musim tanam yang pendek. 

Bahan organik mati berfungsi sebagai kolam nutrisi. Dua nutrisi utama di daerah tundra adalah nitrogen dan fosfor. 
 
Nitrogen dibuat oleh fiksasi biologis dan fosfor dibuat oleh curah hujan. Tundra dipisahkan menjadi dua jenis: tundra Arktik dan tundra Alpine. Baca juga: Tipe-tipe ekosistem air tawar

Berikut ini ciri-ciri khusus bioma tundra:
1. iklim yang sangat dingin
2. keragaman mahluk hidup sedikit
3. struktur vegetasi sederhana
4. drainase sangat terbatas
5. musim tumbuh dan reproduksi yang pendek
6. energi dan nutrisi dalam bentuk bahan organik yang mati
7. populasi manusia sedikit dan terisolir

Bioma Tundra Arktik
Tundra Arktik terletak di belahan bumi utara, melingkari kutub utara dan meluas ke selatan hingga konifer. Arktik dikenal dingin seperti kondisi gurun. Musim tanam berkisar antara 50-60 hari. 

Suhu musim dingin rata-rata -34 derajat C namun suhu musim panas rata-rata 3-12 derajat C yang memungkinkan bioma ini untuk mempertahankan hidupnya. Curah hujan dapat bervariasi di berbagai daerah Arktik.

Curah hujan tahunan, termasuk lelehan salju berkisar dari 15-25 cm. Tanah di tundra terbentuk perlahan. Sebuah lapisan subsoil beku permanen atau permafrost terbentuk di sana. 

Ketika lapisan air permukaan atas sudah jenuh, rawa dan kolam dapat terbentuk memberikan kelembaban bagi vegetasi di atasnya. Tidak ada sistem perakaran jauh ditemukan disini namun beberapa tnaaman mampu beradaptasi dengan kehidupan di daerah dingin ini. Ada sekitar  1.700 jenis vegetasi hidup di Arktik dan Sub Arktik diantaranya:
- semak-semak, lumut hari dan rerumputan
- 400 varietas bunga-bungaan
- lichen
Tundra Arktik di musim dingin
Semua jenis tanaman yang disesuaikan dengan angin dan gangguan tanah yang ada di sana. Tanaman hidup pendek dan berkumpul bersama untuk melawan suhu ekstrim dan dilindungi salju selama musim dingin. Mereka dapat melakukan fotosintesis pada suhu rendah dan intensitas cahaya rendah. 

Musim panen lebih pendek dan kebanyakan tanaman berkembang biak dengan tunas daripada pembuahan seksual. Fauna Arktik juga beragam diantaranya caribou, tupai, rubah, serigala, beruang kutub, ikan cod, salmon, burung elang, gagak, hingga serangga seperti nyamuk, lalat dan belalang. Banyak hewan yang tidur panjang atau hibernasi saat musim dingin tiba. Gambar: inhabitat.com

Bioma Tundra Alpen
Tundra Alpen terletak di pegunungan seluruh dunia dengan elevasi dimana pohon tidak bisa tumbuh. Musim tanam berkisar sekitar 180 hari. Suhu malam hari biasanya mencapai titik beku. Berbeda dengan tundra Arktik, tanah di Alpen sangat kering. 

Vegetasi tundra meliputi rumput tussock, semak kecil berdaun dan pohon kerdil. Sementara jenis hewan yang hidup diantaranya marmut, kambing gunung, rusa, belalang, kupu-kupu, burung grouselike dan domba. Gambar: colorado.edu
Tundra Alpine di musim semi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close