6 Kesalahan Membuat Power Point Pembelajaran

- May 15, 2017
Salah satu kemampuan guru yang sangat penting adalah membuat presentasi pembelajaran dan mentransfernya ke siswa. Membuat presentasi paling mudah adalah dengan menggunakan power point. Namun tidak semua orang tahu dan paham tentang bagaimana membuat power point yang baik. Siswa sangat bergairah belajar jika guru nya menyajikan power point yang baik. Membuat power point yang baik tidak bisa dalam sekejap mata bisa berhari-hari bahkan. Salah membuat power point hanya akna membuat siswa bosan dan ngantuk-ngantuk di kelas. Baca juga: Cara membuat latar belakang makalah penelitian

Bagaimana mengajar dengan baik kalau membuat power point nya saja asal-asalan bukan?. Cape, ga ada waktu, ga bisa?, stop itu adalah alasan yang membuat anda semakin tidak berkembang alias nyungsep. Tidak ada kata menyerah dalam belajar. Jangan sampai guru mengajarkan siswa agar tidak malas tapi ia sendiri tidak mau belajar, piye to?.  Berikut ini beberapa kesalahan mendasar yang membuat power point pembelajaran anda gagal total.
Ini slide atau buku cerita?
1. Copas tulisan dari web/buku
Banyak sekali guru bahkan dosen saat kuliah yang saat menampilkan power point isinya tulisan semua. Jadi di slide kaya novel alias buku cerita, tak ada ada gambar, video. Presentasi semacam ini sangat tidak bermutu dan membuat anak tidak bergairah. Atau menuliskan apa yang ada di buku paket siswa jadi materinya sama. Jadi apa bedanya anda bikin slide, tinggal minta anak dan baca buku juga sama aja kan?. Carilah materi yang lain dengan Bahasa anda sendiri.

2. Penggunaan warna salah
Saat saya menugaskan siswa untuk membuat ppt, masih banyak yang menggunakan warna seenaknya. Background pink tulisan putih, ya tentu mata pusing. Dalam aturan, background harus kontras dengan tulisan. Jadi pelajarilah tentang kombinasi warna. Jangan telalu membuat slide yang berwarna-warni seperti pelangi. Tulisan dengan background slide harus kontras.

3. Tidak menyisipkan gambar/video
Memang budaya instan masih menghinggapi sebagian masyarakat. Power point bukan papan tulis yang anda perlakukan di kelas. Ada video dan gambar yang bisa difungsikan. Carilah gambar dan video yang menarik dan sisipkan dalam slide. Jika anda tidak mau membuatnya ya lebih baik jangan buat power point, menulis saja di papan tulis. Hal lain adalah cara gambar/video berkualitas bagus allias HD. Jangan insert gambar yang buram dan jelek. Baca juga: Tips membuat kliping yang baik

4. Menggunakan font aneh
Ada banyak jenis font atua huruf di Office, tapi ingat tidak semua font tersebut bisa digunakan dalam ppt. Carilah font yang umum seperti arial atau times new roman atau lainnya yang mudah dilihat orang. Jangan sampai anda menggunak font yang nyeleneh seperti gothic atau lainnya yang miring ga jelas, anda mau otak audience miring juga?.

5. Tidak menguasai materi
Seringkali saat presentasi kita hanya baca slide saja tanpa tau apa yang dijelaskan. Sudah slidenya jelek, presentasinya jelek pula maka tamatlah sudah. Satu slide bisa dipaparkan beberapa menit jika presenter memahami apa yang ia cantumkan di slide. Jadi pelajarilah dulu bahan materi slide sebelum anda mempresentasikannya, kalau tidak anda akan mati gaya di kelas.

6. Tidak mau belajar
Inilah masalah paling utama yaitu guru nya ga mau belajar. Sekarang ini sudah era teknologi, dan kita harus menyesuaikan diri. Semua akan beres jika mau belajar meskipun ada yang cepat atau lambat. Anda tinggal pilih mau anda mengatur waktu atau waktu yang mengatur anda. Saya pun awalnya dulu sama tidak mengetahui sama sekali tentang cara membuat power point yang baik, namun lambat laun saya ikut seminar, googling di web dan akhirnya bisa membuat power point yang tidak lagi copas tulisan.

Coba lihat presentasi CEO terkemuka dunia seperti Steve Jobs. Ia tidak banyak menggunakan tulisan bahkan hanya memuat gambar saja. Namanya juga powet point (kekuatan point), jadi slide hanya poin utama sisanya speaker yang bertanggung jawab mengkomunikasikan. Jika anda ingin menjadi guru berkharisma maka belajarlah membuat prsentasi yang oke punya. Tidak harus semua pertemuan buat bagus, karena memang menguras waktu. Minimal dalam satu bulan ada satu yang berkualitas cetar membahana itu sudah bagus, nanti akan terus berkembang. Memang untuk menjadi expert butuh perjuangan dan ingat bahwa kesuksesan tidak akan pernah mengkhiatanati perjuangan.
Baca juga: Cara menjadi guru berkharisma
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search