Bioma Hutan Gugur: Ciri, Flora Fauna dan Sebarannya

- May 13, 2017
Hutan gugur atau deciduous bisa ditemukan di bagian timur Amerika Utara dan wilayah tengah daratan Eropa, serta sebagian kecil Asia terutama Jepang, Rusia barat daya dan Cina timur. Amerika selatan memiliki dua area besar hutan gugur yaitu di pantai selatan Chile dan pantai timur dan tengah Paraguay. Australia dan Selandia baru juga memiliki huta gugur. Baca juga: Tips mengatasi gugup saat Ujian Nasional

Suhu tahunan hutan gugur adalah 50⁰C dengan curah hujan rata-rata 30 - 60 inchi per tahun. Hutan gugur terbagi ke dalam empat zona yaitu:

1. Zona pohon kanopi merupakan zona pertama yang berisi pohon-pohon keras seperti Oak, basswood, maple, walnut, elm, karet manis dan beech. Zona ini dihuni pohon dengan tinggi antara 60 - 100 kaki.
2. Zona pohon kecil dan muda adalah zona kedua. Ciri dari zona ini memiliki pohon muda dan pendek.
3. Zona ketiga disebut zona semak belukar. Beberapa jenis semak di wilayah ini adalah rhododendron, azalea dan huckleberry.
4. Zona keempat adalah tanaman herbal. Zona ini berisi tanaman pendek seperti herbal-herbalan.
5. Zona terakhir adalah zona Tanah yang berisi lumut-lumutan.
Bioma hutan gugur
Hutan gugur punya empat musim yang jelas yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin. Setiap musim akan mengeluarkan warna berbeda. Semi akan mekar kehijauan, panas akan mulai menguning dan merah, gugur akan mulai rontok dan dingin akan putih tertutup salju.

Hutan gugur memiliki bulan terpanas pada Juli yang bisa mencapai 38⁰C. Karena sebagian besar hujan turun di musim panas maka bisa mencapai 40 cm lebih. Bulan Desember suhu dapat mencapai 1⁰C. Selama musim dingin hujan tidak turun seperti musim panas. Suhu dan kelembaban bisa berubah dalam satu hari, hitungan jam bahkan menit. 

Suhu di hutan gugur tidak banyak turun dari siang ke malam. Faktornya adalah 60 - 80% hutan termasuk lembab dan membantu menetralkan suhu agar tetap konstan. Selimut udara lembab mengisolasi hutan membantu menahan panas di malam hari. Di siang hari, isolator ini mencegah hutan agar tidak terlalu cepat panas. Jadi kalau mau piknik ke hutan gugur anda tidak perlu khawatir tentang perubahan cuaca ekstrim.
Peta Bioma Hutan Gugur
Flora dan fauna di hutan gugur beradaptasi dengan iklim dengan berhibernasi di musim dingin dan hidup di luar Tanah pada tiga musim selanjutnya. Hewan tersebut telah menyesuaikan dengan Tanah dan tumbuhan di sana. Pepohonan menyediakan tempat berlindung bagi hewan, sumber makanan dan air. Sebagian hewan berkamuflase agar sesuai dengan warna Tanah. Contoh hewan di bioma hutan gugur diantaranya: rusa, tupai, salamander, ular, katak, serangga, berang-berang dan burung pelatuk.
Fauna hutan gugur: Tupai
Tumbuhan telah beradaptasi dengan hutan dengan mengarah ke matahari. Banyak hutan gugur telah kehilangan lahan menjadi pertanian dan kota. Perburuan liar juga menjadi masalah di bioma hutan gugur. Baca juga: Mengenal ekosistem air tawar

Tanah hutan gugur cenderung subur dan beberapa lokasi pertanian besar ditemukan di bioma ini. Inilah salah satu alasan mengapa tidak banyak hutan gugur asli yang tersisa di dunia. Hutan gugur tersebar di daerah iklim sedang diatas tropis. 
Baca juga:  
Ini dia tips menghadapi Ujian Nasional top markotop
Perbedaan air tanah dalam dan air tanah dangkal

Gambar: pic2fly.com, brobcano.blogspot.com
carbonbrief.org

INFO HANGAT:
Bingung persiapan UN/SBMPTN?. Masih gak paham materi pelajaran di sekolah?. Gabung Quipper Video aja, dapatkan kode diskon 40% di artikel ini: Panduan Quipper Video
Sumber Video: https://www.youtube.com/watch?v=IAnPvn06Meo

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search