Fenomena Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi

- July 13, 2017
Halo sahabat geografi semuanya, memasuki awal tahun ajaran baru di kelas 10 SMA tentunya akan berjumpa dengan geografi. Geografi merupakan ilmu yang komperhensif karena memadukan antar ailmu alam dengan sosial. Dalam materi awal geografi di SMA tentu bahasan pertama adalah seputar konsep geografi. Baca juga: Terbentuknya magma di perut bumi

Bab konsep geografi ini membahas seputar hal-hal mendasar yang harus dipahami dalam mempelajari geografi salah satunya adalah aspek geografi. Menurut Bintarto, geografi dibagi menjadi aspek fisik dan aspek non fisik. Aspek fisik terkait dengan semua fenomena yang terjadi secara alamiah sementara aspek non fisikal merupakan semua fenomena yang diakibatkan oleh adanya campur tangan manusia. Baca juga: Geografi Inggris

Lingkungan fisik
1. Topologi, mencakup semua hal terkait letak suatu wilayah, luasnya, bentuk, dan batas wilayah tersebut. Untuk melihat aspek topologi dibutuhkan alat bantu yaitu peta.
2. Abiotik, mencakup semua hal benda mati seperti cuaca, air, tanah, gunung api, iklim dan lainnya. Variabel tersebut membuat setiap wilayah memiliki keunikan masing-masing seperti Arab Saudi banyak gurun pasir sementara di Inggris banyak apdang rumput dan hutan gugur.
3. Biotik, mencakup semua hal terkait mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Ketiga mahluk hidup tersebut dilihat sisi sebaran dan relasinya dengan ruang di permukaan bumi.
Fenomena Aspek Fisik dan non Fisik Geografi
Pemukiman kumuh di Jakarta
Lingkungan non fisik
1. Sosial, mencakup kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan manusia seperti kelahiran, migrasi, hukum adat dan kematian.
2. Ekonomi, meliputi hal-hal seperti industri, perdagangan ekspor-impor dan lainnya. Banyak teori ruang yang berawal dar kegiatan ekonomi seperti Central Place dan Growth Pole.
3. Budaya, mencakup semua hal terkait cipta rasa dan karsa manusia dalam wujud  bahasa, kesenian, rumah adat hingaa pakaian adat. 
4. Politik, mencakup hal yang berkaitan dengan tata laksana pemerintahan daerah atau suatu negara.

Contoh Soal Aspek Geografi:
Diketahui fenomena:
1. Pesawahan terasering Bali
2. Erupsi Sinabung
3. Perkebunan Sawit di Riau
4. Tsunami Aceh
5. Pemukiman kumuh di Jakarta
Yang termasuk aspek fisik geografi terdapat pada angka ....
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 2, 3 dan 5
d, 3, 4 dan 5
e, 2, 4 dan 5

Baca juga: Kode Diskon Quipper Video 2017
Gambar: quora.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search