Hati-Hati Servis Motor di Bengkel

- July 16, 2017
Halo sobat blogger semuanya, semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saat nyervis motor di salah satu bengkel. Motor sama halnya seperti manusia perlu diservis supaya sehat, bukan?. Namun sobat harus hati-hati saat servis tunggangannya di bengkel. Saya tidak bermaksud suuzon namun hanya sharing saja.

Cerita beberapa bulan lalu motor matic saya karena tidak bisa distarter. Usut punya usut nampaknya si aki tekor dan memang sudah harus diganti. Saya lalu dorong tuh motor dari rumah ke bengkel, kurang lebih 300 m. Lumayan fitnes pagi hari karena hari itu bolos kerja juga. Sampai di bengkel saya lalu daftar dan duduk manis baca koran. Saat motor diservis lalu montir datang dan memperlihatkan bagian-bagian yang harus diganti mulai dari aki, busi, v-belt hingga saringan udara.

Waduh, kalau semua diganti bisa habis isi dompet. Saya lalu cek satu per satu dan saya putuskan ganti busi dan aki saja karena itu yang paling penting. Kalau saringan udara dan V-Belt memang sudah agak kotor dan ada guratan namun masih bisa digunakan. Beberapa menit kemudian motor sudah beres dan bisa digunakan kembali. Kita harus paham tentang kondisi motor kita sendiri. Memang beberapa komponen harus diganti secara berkala namun kita harus jeli dan jangan sampai mudah terpengaruh oleh montir untuk cepat ganti spaepart saat servis. Ini merupakan saah satu politik bengkel agar barangnya cepat terjual. 
Hati-Hati Servis Motor di Bengkel
V Belt Matic
Motor saya sendiri meski tidak ganti saringan dan V Belt masih bisa digunakan bulak-balik 4 kali Bekasi-Cirebon, dan sampai saat ini belum diganti. Komponen orisinal motor memiliki daya tahan yang cukup hingga 5 tahunan. Jadi anda tidak usah khawatir cepat rusak. Kalaupun memang motor sudah terasa aneh, ya tetap harus diganti dan ini yang paling tahu adalah pemilik motor bukan montir.

Saya sendiri sudah beberapa kali diminta untuk ganti onderdil baik di bengkel biasa atau resmi padahal saya lihat masih bagus dan bisa dipakai. Jadi pahamilah kondisi kendaraan anda agar tidak mudah terjebak rayuan mengganti komponen motor saat di bengkel. Kecuali kalau kocek anda tebal sih ga masalah. 

Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search