Geografi Negara Belanda

- August 15, 2017
Oke teman-teman, kali ini saya akan ulas sedikit tentang kondisi geografi negara Belanda. Belanda /Holland/Netherland merupakan sebuah negara kecil di daratan Eropa. Hampir 50% daratan Belanda berada di bawah permukaan laut sehingga sangat rentan terhadap perubahan iklim. Tanggul-tanggul raksasa dibangun untuk mencegah masuknya air laut ke daratan. Belanda dibatasi oleh Belgia di selatan, Jerman di timur, Inggris di barat, Norwegia di utara dan dikelilingi Laut Utara.
Geografi Negara Belanda
Peta Belanda

Kondisi Penduduk
Belanda beribukota di Amsterdam dan setiap tahun banyak wisatawan datang ke kota yang satu ini. Populasi Amsterdam mencapai lebih dari 750.000 jiwa. Amsterdam merupakan kota air yang dikelilingi kanal-kanal sempit. Amsterdam juga merupakan kota ramah bagi pengguna sepeda. Mayoritas penduduk sini menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya.

Kondisi Fisik
Setengah wilayah belanda berada di bawah permukaan laut. Ini sangat berbahaya mengingat perubahan iklim semakin  cepat dan jika air laut naik maka negeri kincir angin ini akan benar-benar tenggelam. Perbukitan hanya terdapat sedikit di bagian tenggara.

Beberapa sungai utama di Belanda adalah Rhine, Maas dan Schelde. Semua sungai di Belanda berhulu di negara lain. Sungai menjadi sarana transportasi andalan warga Belanda. Bahkan ada desa yang transportasinya hanya menggunakan sungai.

Kondisi fisik lain dari Belanda adalah adanya Laut Utara yang menyediakan banyak sumber minyak dan menjadi sarana perdagangan negeri tersebut.
 
Geografi Negara Belanda
Sudut kota Amsterdam

Kondisi  Ekonomi
Mobilitas masyarakat Belanda telah menyebabkan banyak dibangunnya rel kereta api, jalan raya, jalur air hingga pelabuhan. Pemukiman juga banyak dibangun karena pertumbuhan penduduk yang tinggi. Bandara juga dibangun di berbagai kota utama disana.

Belanda merupakan pintu gerbang barang di Eropa. Banyak barang diangkut dari satu negara Eropa melalui Belanda untuk dikirim ke negara lain. Hal ini menjadikan Belanda sebagai pusat transit perdagangan di Eropa barat.
Geografi Negara Belanda
Kebun Tulip yang indah
Sumber Daya 
Penduduk Belanda telah banyak menebang banyak pohon disana. Hanya 10% hutan yang masih ada di Belanda. Belanda banyak mengembangkan hasil pertanian dengan menggunakan pupuk dan antibiotik.

Belanda memiliki lahan pertanian berkualitas tinggi karena kesuburan tanahnya. Tulip menjadi salah satu komoditas pertanian khas negeri Belanda. Kincir angin banyak dibangun untuk menyalurkan air ke lahan pertanian. Belanda terkenal juga dengan penghasil keju terbaik di dunia. Rumput-rumput terbaik di dunia juga dipasok dari negara ini. 

Cuaca dan Iklim
Belanda punya iklim bertipe hangat, serupa dengan Inggris. Musim panas pada umumnya hangat dengan sedikit dingin. Saat musim hujan, cuaca yang terlalu panas jarang terjadi. Musim dingin bisa sangat dingin, berangin, hujan dan salju. Hujan terjadi sepanjang tahun dan musim semi menjadi musim terkering.

Secara historis, Belanda pernah dilanda banjir dan badai secara berkala. Saat ini, tanggul kuat sepanjang 13.000 km dengan sistem pompa telah mengurangi dampak bencana banjir yang sering terjadi di masa lalu. 
Gambar: disini, disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search