Hambatan Penyebaran Flora Fauna

- August 13, 2017
Berbagai flora dan fauna tersebar secara tidak merata di permukaan bumi. Sebaran flora fauna ini bisa menjadi terhambat oleh adanya berbagai macam fenomena geosfer seperti gerakan lempeng, perubahan muka air laut pegunungan, pola aliran sungai dan cuaca iklim. Namun umumnya faktor penghambat penyebaran flora fauna diantaranya:
Hambatan Penyebaran Flora Fauna
Migrasi Banteng di Afrika
1. Kondisi iklim
Keadaan iklim suatu tempat sangat mempengaruhi terhadap persebaran flora dan fauna. Unsur iklim yang dapat menjadi penghambat dalam persebaran flora dan fauna antara lain suhu, kelembaban udara dan curah hujan. Jika suatu hewan atau tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis datang ke wilayah tropis di Indonesia, tentu tidak serta merta bisa beradaptasi dan tumbuh dengan baik disini.

2. Kondisi tanah
Kondisi tanah erat kaitannya dengan tumbuh kembang vegetasi tertentu. Tanah sebagai media tumbuh kembang tanaman tentu memiliki kondisi hara yang berbeda. Ada tanah yang kaya kandungai humus ada yang tidak, ada yang jenuh air ada yang kering. Kaktus tentu cocok hidup di daerah tandus namun jika ditaman di daerah gembur tentu akan berbeda ceritanya. Hewan-hewan juga banyak yang memanfaatkan tanah sebagai media hidupnya seperti cacing, tikus, hingga kalajengking.

3. Kondisi geografis
Kondisi geografis berkaitan dengan landscape antau bentang alam seperti samudera, padang pasir, sungai, hingga pegunungan. Sebaran hewan dan tumbuhan akan tidak berjalan baik jika terhalang oleh bentang alam ekstrim tersebut. Dahulu kangguru bisa bermigrasi dari Australia ke Papua karena masih satu daratan, namun setelah paparan sahul tergenang saat es mencair maka kangguru tidak bisa lagi bermigrasi ke Papua. Kangguru yang tertinggal di Papua beradaptasi dengan lingkungan disana sehingga menjadi Wallaby dengan ukuran lebih kecil.

4. Kondisi biologi
Faktor biologis contohnya adalah habitat yang sudah tidak cocok ditinggali sehingga hewan cenderung bermigrasi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Di Afrika sana, ada suatu waktu ketika hewan-hewan bermigrasi untuk mencari sumber air baru karena daerah asalnya kekeringan. 
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search