Insiden Bendera Terbalik di Sea Games Malaysia 2017 Memalukan

- August 22, 2017
Beberapa waktu belakangan ini dunia netizen dihebohkan dengan berita tentang insiden bendera terbalik di Buku Panduan Sea Games Malaysia 2017. Tentu hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia. Apakah panitia sekelas Sea Games tidak meriview terlebih dahulu isi panduan tersebut sebelum dicetak?. Atau ini ada unsur kesengajaan?.

Terlepas dari fenomena tersebut, tentu hal ini sangat memalukan dan mencoreng Malaysia sebagai tuan rumah acara besar sekelas Sea Games. Memang sebesar itukah kesalahan terbaliknya bendera Indonesia di buku Sea Games?. Bendera merupakan lambang kedaulatan sebuah negara dan tidak boleh diremehkan. Masa iya bendera Indonesia berubah menjadi Polandia?.

Lalu apa yang harus kita lakukan?. Membalas kesalahan dengan balas dendam tentu tidak elok. Kita harus berfikir positif bahwa mungkin mereka tidak sengaja saat mencetak buku tersebut. Pemerintah Malaysia pun sudah mengirimkan permintaan maaf dan akan segera mencetak ulang buku panduan yang baru. 
Insiden Bendera Terbalik di Saa Games Malaysia 2017 Memalukan

Sebagai bangsa besar, kita harus berjiwa besar menerima permintaan maaf tanpa harus menyimpan dendam karena hanya akan menambah masalah. Balas dendam terbaik adalah dengan prestasi. Semoga para atlit kita di Malaysia dapat memberikan prestasi terbaik sebagai pembuktian bahwa Indonesia adalah bangsa yang tangguh dan terbaik.

Memang ada beberapa insiden lain yang mencoreng penyelenggaraan Sea Games di Malaysia saat ini. Akan tetapi kita sebagai bangsa Indonesia harus memiliki pemikiran yang dingin, jernih agar hal ini tidak menjadi masalah besar dikemudian hari. Kita juga akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Belajar dari pengalaman di Malaysia, kita harus berusaha menjadi tuan rumah yang terbaik agar tidak mencoreng nama besar Indonesia di mata dunia.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search