Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Indonesia

- September 18, 2017
Pada dasarnya wawasan nusantara berfungsi sebagai motovasi, dorongna, pedoman serta rambu-rambu dalam menentukan segala tindakan, keputusan, kebijaksanaan dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Wilayah Nusantara merupakan gugusan dan pulau-pulau besar dan kecil yang membentang di garis khatulistiwa. Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dan dikenal sebagai jamrud khatulistiwa.

Kedudukan wawasan nusantara di Indonesia adalah:
1. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar ridak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam upaya mencapai dan mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Dengan begitu wawasan nusantara menjadi landasan visi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Wawasan nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari stratifikasinya sebagai berikut:
a. Pancasila sebagai falsafah, ideologi bangsa dan dasar negara menjadi landasan idiil.
b. UUD 45 sebagai landasan konstitusi negara berkedudukan sebagai ladasan konstitusional.
c. Wawasan nusantara sebagai visi nasional berkedudukan sebagai landasan visional.
d. Ketahanan nasional  sebagai konsepsi nasional berkedudukan sebagai landasan konsepsional.
e. GBHN sebagagai politik dan strategi nasional atau kebijaksanaan dasar nasional berkedudukan sebagai landasan operasional.
Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Indonesia
NKRI sebagai satu anuegrah Tuhan YME
Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Fungsi khusus wawasan nusantara adalah sebagai berikut:
1. Sebagai konsepsi ketahanan nasional, dalam arti konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan dan kewilayahan.
2. Sebagai pembangunan nasional adalah mencakup kesatuan politik, sosial, ekonomi dan pertahanan keamanan.
3. Sebagai pertanahan dan keamanan dalam arti pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
4. Sebagai wawasan kewilayahan artinya pembatasan negara untuk menghindari adanya sengketa batas negara dengan tetangga.

Wawasan nusantara harus dipahami oleh semua warga negara agar tidak terjadi disintegrasi bangsa dan lahirlah masyarakat madani. Tujuan wawasan nusantara dibagi menjadi dua bagian yaitu:
1. Tujuan ke dalam, untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa, baik aspek alamiah mapun aspek sosial.
2. Tujuan ke luar, untuk ikut serta mewujudkan kebahagian, ketertiban dan perdamaian seluruh umat. 

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia dari makna geopolitik adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia diseluruh dunia.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search