Fungsi Desa Bagi Wilayah Sekitarnya

- September 19, 2017
Desa merupakan wilayah administrasi yang berada di bawah kabupaten. Indonesia dibangun dari desa-desa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Desa memiliki fungsi yang sagnat vital bagi wilayah disekitarnya diantaranya:

1. Sumber bahan mentah 
Desa menyediakan kebutuhan pokok bagi wilayah perkotaan, misalnya beras, padi, sayurna, ikan dan buah-buahan. Desa terkenal dengan daerah agraris sehingga hampir semua bahan pangan berasal dari desa.

2. Sumber tenaga kerja
Pemanfaatan potensi tenaga kerja produktif di pedesaan menjadi masalah khususnya bagi desa yang penduduknya mayoritas petani. Umumnya penduduk usia produktif tidak bekerja di desa alias menganggur. Hal ini karena sempitnya lapangan kerja dan upah buruh yang kecil. Hal ini yang memicu urbanisasi pekerja dari desa ke kota.

3. Mitra pembangunan
Dua fungsi desa di atas menunjukkan adanya interaksi desa kota dan interaksi yang berkelanjutan tersebut membuat desa kota menjadi sebuah mitra. Desa memasok bahan mentah ke kota sementara kota memasok bahan jadi ke desa.
Desa sebagai pelestari kearifan lokal
4. Sebagai hinterland
Disini desa bertindak sebagai daerah penyokong atau penyuplai kebutuhan penduduk kota. Desa menjadi pendukung pemekaran daerah kota. Tidak masalah bahwa Jakarta memasok susu kuda liar dari desa di Sumbawa misalnya. Ini berarti Kota Jakarta disokong pula kebutuhannya oleh desa yang jauh di Flores sana. 

5. Pelestari kebudayaan lokal
Kearifan lokal kini hanya bisa kamu jumpai di masyarakat desa. Hal ini menjadikan budaya lokal sebagai potensi desa dan harus dilestarikan. Desa saat ini berfungsi sebagai pelestari kebudayaan lokal dan nilai-nilai kearifan nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu. Kini banyak desa-desa wisata berkembang untuk menarik wisatawan dan menampilkan sisi kearifan lokal yang masih terpelihara. Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search