Manfaat Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan

- September 18, 2017
Lingkungan merupakan habitat yang dihuni oleh beranekaragam mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Manusia dapat memanfaatkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan, selain itu manusia menghirup oksigen untuk bernapas. Itu adalah secuil manfaat lingkungan hidupa bagi manusia. Manusia sangat bergantung pada lingkungan disekitarnya. Berikut ini beberapa manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia.

1. Udara digunakan untuk bernapas. Oksigen merupakan gas yang vital bagi kehidupan mahluk hidup. Tumbuhan memanfaatkan Karbon dioksida dalam proses fotosintesis.

2. Air digunakan untuk minum dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperi mandi, mencuci dan industri.

3. Bahan pangan untuk mahluk hidup. Lahan yang subur dan kaya nutrisi akan menghasilkan bahan pangan vital seperti padi, ketela, ubi, sayuran, buah-buahan untuk kelangsungan hidup manusia.

4. Hutan berfungsi mengatur keadaan udara dan air. Hutan dapat menyediakan oksigen yang melimpah dan menyerap karbon dioksida sehingga suhu tidak terlalu panas. Hutan juga dapat mengatur tata air dan mencegah erosi. Saat musim hujan tidak akan ada banjir dan musim kemarau tidak kekeringan panjang.
Manfaat Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan
Pemetik teh sedang beraktifitas
5. Bahan galian yang bila dimanfaatkan dapat meningkatkan pendapatan dan sebagai bahan baku industri. Emas digunakan untuk perhiasan, minyak bumi untuk bahan bakar, batubara untuk energi.

6. Sumber energi seperti angin, tenaga matahari, air, panas bumi dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

7. Lahan  dan tanah dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi seperti pemukiman, perkotaan, dan lainnya.

8. Hewan dan tumbuhan dapat digunakan sebagai sumber makanan.

9. Mikroorganisme berperan dalam mengurai sisa-sisa jasad hidup yang telah mati.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search