Soal UN Dinamika Penduduk HOTS dan Pembahasannya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, September 4

Soal UN Dinamika Penduduk HOTS dan Pembahasannya

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan terus produktif berkarya. 

Kali ini saya akan mencoba sedikit membagikan contoh soal UN Geografi Dinamik Penduduk tipe HOTS alias High Order Thinking dan Pembahasannya. 

Seperti kita ketahui bahwa dalam Kurikulum 213, model soal HOTS lebih diperbanyak untuk merangsang taraf berfikir siswa. Itulah tugas soal HOTS bagi pelajar.

Hal tersebut dimaksudkan agar anak bisa memecahkan masalah kehidupan di masa depan dengan beberapa langkah jitu dan mantap. Jadi berlatihnya mulai dari SMA. 

Soal HOTS ini jawabannya sudah pasti ada, namun siswa harus dituntut berfikir berkali-kali agar sampai di jawaban paling tepat. Salah satu materi geografi yang bisa didesain soal dalam bentuk HOTS adalah materi Dinamika Penduduk. 

Soal HOTS ini harus bersifat aktual alias kekinian, selain itu data yang ditampilkan harus real asli dan tidak boleh ngaco. Di bawah saya berikan 3 contoh, sisanya nanti saya pikirkan dan upload lagi.
Begini contohnya:

1. Tanggal 31 Agustus sampai 1 September lalu jumlah penduduk kota Jakarta berkurang setengahnya. Faktor utama penyebab terjadinya fenomena tersebut adalah ....
a. Natalitas
b. Mortalitas
c. Migrasi
d. Fekunditas
e. Bonus Demografi

Jawaban: C Migrasi, karena pada tanggal tersebut adalah libur long weekend Idul Adha, sehingga penduduk Jakarta banyak yang mudik atau pergi liburan keluar Jakarta. 

2. Sensus penduduk Kota "X" menunjukkan bawah jumlah penduduk adalah 100.000 jiwa. Jumlah penduduk laki-laki adalah 45% dari total populasi dan sisanya adalah penduduk perempuan. Berapakah sex ratio kota 'X"?
a. 81,8
b. 50
c. 80, 5
d. 45
e. 90

Jawaban : A
1. rumus sex ratio adalah L/P x 100
2. jumlah penduduk laki-laki adalah 45% x 100.000 = 45.000 jiwa, sisanya berarti 55.000 perempuan
3. SR = 45.000/55.000 x 100 = 81,8

3. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang. Salah satu jenis transmigrasi adalah Transmigrasi Bedol Desa. Beberapa tahun lalu, penduduk desa Jatigede Sumedang mengalami Transmigrasi Bedol Desa. Fenomena tersebut terjadi dikarenakan faktor ....
a. Pembangunan jalan tol Cipali
b. Pembangunan Tol Cisumdawu
c. Pembangunan Bandara Kertajati
d. Konflik SARA
e. Pembangunan Waduk Raksasa

Jawaban E. Karena adanya proyek Waduk Jatigede yang ahrus menenggelamkan beberapa desa di sekitar Jatigede.  
 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close