Wisata Menyelam Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

- September 01, 2017
Potensi wisata Indonesia kini sudah sangat beragam dan menjadi salah satu andalan pembangunan nasional. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman mengunjungi wisata alam di Klaten yaitu Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan salah satu lokasi wisata yang sedang hits di Jawa Tengah khususnya Klaten dan Solo.

Tahun lalu ketika saya mudik ke Jogjakarta, saya bersama keluarga sempat mengunjungi tempat ini karena penasaran. Kami bertiga berangkat dari Bantul menggunakan motor melalui jalur Ring Road hingga menuju arah Solo. Jarak dari Bantul sekitar 60an km, cukup jauh juga. Rute yang dilalui sebenarnya cukup mudah dengan mengikuti jalan utama menuju Solo. Setelah melewati kota Klaten maka kami sampai melewati Terminal Penggung. Nah tepat seberang terminal ada belokan ke arah kiri, lalu kami belok melalui jalan desa dan sekitar 5 km kami sampai di Umbul Ponggok.
Kolam Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok adalah wisata kolam pemandian yang konon sudah ada sejak zaman Belanda. Lokasinya persis di samping jalan. Motor kemudian diparkir dan beli karcis masuk 5.000 rupiah. Jika mau snorkling atau menyelam maka harus bayar alat-alat 20.000 rupiah. Kolam Umbul Ponggok sangat jernih dan di bawahnya terdapat berbagai macam hiasan mulai dari becak hingga motor lho dan tentunya ikan-ikan cantik berwarna-warni.

Untuk mendapatkan foto terbaik maka kamu harus punya kamera underwater. Kedalaman kolam air yang berasal dari mata air ini berkisar dari 1-2 m. Setiap akhir pekan atau musim liburan tiba, wisata ini selalu dipadati pengunjung. Di dalam area Umbul Ponggok ini juga terdapat berbagai macam fasilitas pendukung lain seperti kantin dan kamar mandi. Dasar kolam tersusun dari bebatuan alami. Jika kamu ingin mengunjungi lokasi ini maka kamu lebih baik datang pagi hari agar tidak terlalu banyak pengunjung dan tidak terlalu panas tentunya.  Kali kalian masih belum tahu lokasinya silahkan cari di google map aja pasti ada. Gambar: disini
Wisata Snorkling Umbul Ponggok
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search