Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum

- September 20, 2017
Bumi ini merupakan planet yang satu-satunya terdapat
kehidupan kompleks. Sebelum bisa dihuni manusia, Bumi melalui berbagai zaman yaitu Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum. Setelah Bumi ini lahir, bahan-bahan yang lebih berat menggumpal di dalam inti bumi, sementara kerak terdiri dari unsur silikon dan alumunium. Baca juga: Faktor Perubahan Iklim

Setelah lapisan tersebut menyusul lapisan yang agak dalam yaitu silikon dan magnesium. Jauh di dalam lagi terdapat lapisan yang mengandung unsur senyawa logam sulfida. Bagian paling dalam yaitu inti tersusun atas besi dan nikel. Bumi ini mengalami berbagai masa dan setiap masa punya ciri kehidupan masing-masing. Artinya bumi kita ini mengalam berbagai zaman sampai akhirnya bisa ditinggali manusia. Berikut perkembangan zaman menurut skala geologi di Bumi:

1. Prakambrium
Prakambrium adalah zaman tertua di bumi dan lapisan prakambrium selalu terdapat di bawah batuan yang mengandung fosil. Batuan prakambrium umumnya berhablur, baik yang berasal dari pembekuan magma atau peleburan dan penghabluran kembali sedimen-sedimen dan batu lainnya yang disebabkan oleh  perubahan kimia dan fisis pada sedimen-sedimen dan batuan beku. Baca juga: Teori apungan benua

Singkapan batuan prakambrium sangat jarang ditemukan di Bumi dan hanya terbatas pada daerah tertentu saja. Batuan prakambrium agak melingkr dan permukaannya sedikit cembung, maka inti prakambrium disebut perisai benua. Disekitar bagian pusat perisai itu lapisan prakambrium tertutup oleh lapisan yang lebih muda dan makin jauh dari pusat maka semakin tebal. Berikut sebaran batuan prakambrium:
a. Grand Canyon Colorado, terlihat lapisan di bagian bawah dan makin ke atas terdapat tumpukan sedimen yang semakin mudah.
b. Perisai Kanada di sekitar Danau Besak.
c. Perisai Fenoskandia di Finlandia.
d. Perisai di Australia.

Penelitian geologi membutkrikan bahwa pada era pra kambrium tidak ditemukan bentuk kehidupan dan tidak ada fosil yang ditemukan karena bumi masih dalam masa pembentukkan awal.
Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Batuan Pra Kambrium
2. Paleozoikum
Paleozoikum terdiri dari 5 zaman yaitu:
a. Kambrium
Pada zaman kambrium banyak ditemukan fosil dan kebanyakan kehidupan ditemukan di perairan laut contohnya archaecyatha, trilobita dan bakung laut.
b. Silur
Zaman Silur penyebaran fauna lebih luas dibanding zaman kambrium. Banyak kelompok binatang baru yaitu yang terpenting adalah vertebrata (binatang bertulang belakang) dan graptalit adalah ciri fosil petunjuk pada zaman Silur dan merupakan kumpulan intan kecil yang dinamakan rabdosoma.
 c. Devon
Zaman ini memiliki ciri munculnya tumbuhan-tumbuhan darat dan bintang-bintang bertulang belakang. Di laut dijumpai binatang tidak bertulang belakang, seperti amronit.
c. Karbon
Zaman ini dintandai dengan timbulnya sejumlah besar karbon bebas di berbagai wilayah dinia. Karbon berperan sebagai penunjuk keadaan cuaca iklim masa tersebut. Pada zaman ini terjadi pembentukkan pegunungan dan deposit batu bara.
d. Perm
Perm memilliki lapisan yang berada di atas karbon yang mengadung batu bara.
Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Fosil Trilobit era Kambrium
3. Mesozoikum
Mesozoikum terdiri dari Zaman Kapur (< 90 juta tahun), Jura (145 juta tahun) dan Trias (190 juta tahun). Ketiga zaman ini disebut kehidupan pertengahan dengan kondisi cuaca dan iklim panas dan basah. Tumbuhan berdaun lebar, binatang melata, amfibi, ikan dan binatangnya menyusui mulai hadir.
Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Ilustrasi Zaman Trias
4. Kenozoikum
Kenozoikum terbagi menjadi zaman tersier dan kuarter yang merupakan era kehidupan modern.
a. Zaman Tersier
Zaman tersier, terbagi menjadi Zaman Eosen (70 tahun), Oligosen (42 juta tahun) dan Pleistosen (16 juta tahun). Pada zaman ini tumbuhan berkembang biak dan tumbuhan berbungan mulai muncul. Burung dan binatang menyusui mulai menyebar dimana-mana. Kondisi iklim tidak begitu beda dengan zaman sebelumnya. Baca juga: Perbedaan lokasi absolut dan relatif
b. Zaman Kuarter
Zaman kuarter terdiri dari Pleistosen (Diluvium) dan Holosen (Aluvium). Kedua masa tersebut usianya kurang lebih 2 juta tahun lalu. Masa ini adalah permulaan hidup manusia di dunia dengan munculnya manusia purba. Kondisi iklim mulai bervariasi di berbagai tempat dan binatang-binatang mulai beranekaragam. Baca juga: Terbentuknya stalaktit dan stalagmit di gua kapur 
Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Mammoth era zaman es akhir Pleistosen
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search