Perbedaan Lokasi Absolut dan Relatif

- April 24, 2017
Lokasi atau location sangat penting dalam geografi. Tapi tahukah kamu ada istilah lokasi absolut dan lokasi relatif?. Apa perbedaan keduanya?. Dalam postingan ini kita akan bahas perbedaan kedua konsep geografi tersebut. Baca juga: Ayat Quran tentang geografi

Ketika orang mendengar dan memikirkan tentang geografi, mereka cenderung akan menjawab peta, negara dan kota, bukan?. Tapi itu bukan inti dari geografi. Geografi adalah ilmu yang melihat kondisi fenomena di permukaan bumi dan mempelajari ciri-ciri fisiknya, bagaimana manusia memengaruhi kondisi ruang permukaan bumi dan bagaimana kondisi permukaan bumi memengaruhi perilaku manusia. Sangat dalam sekali bukan?

Baca juga:
Emang geografi itu sulit ya?
Fenomena aspek  fisik dan non fisik

Saat geografi tidak bicara tentang negara atau peta, lokasi masih menjadi bagian utama dari geografi. Setiap topik atau bahasan yang dipelajari dalam geografi maka referensinya pasti berdasarkan konsep lokasi. Contohnya bagaimana usaha/bisnis lokal terpengaruh oleh pembangunan jalan baru, maka bagian studi yang mungkin lebih penting adalah melihat lokasi jalan raya dibandingkan lokasi bisnis nya. Jika kamu menjelaskan bagaimana gunung api terbentuk di permukaan bumi, maka kamu akan melihat lokasi gunung api tersebut dan kaitannya dengan zona subduksi lempeng tektonik. Lokasi berkaitan baik itu dengan kenampakan fisik maupun kenampakan manusia.
Lokasi dalah kunci utama geografi
Lokasi relatif
Lokasi relatif adalah posisi suatu tempat yang dibandingkan dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Contohnya kota Bandung lebih dekat menuju Jakarta sementara lebih jauh ke Semarang. Atau saat kamu ditanya "di wilayah mana kamu tinggal?", kamu menjawab "di pantai timur Pangandaran". Jawaban kamu adalah berdasar pada lokasi relatif. 

Baca juga: 
Memahami pendekatan keruangan
Cara menjawab soal konsep geografi

Lokasi absolut
Lokasi absolut menggambarkan posisi suatu tempat yang pasti dan tidak pernah berubah. Lokasi ini berdasarkan sistem koordinat. Sistem koordinat yang paling umum adalah dengan lintang dan bujur. Tidak masalah apakah anda sekarang ada di Jakarta atau di Surabaya, garis bujur dan garis lintang daerah manapun tetap sama. Garis bujur membagi lokasi tempat di belahan bumi timur dan barat sementara garis lintang untuk membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan selatan. Titik pangkal garis bujur 0⁰ melewati kota Greenwich di Inggris dan garis pangkal garis lintang adalah ekuator. Contoh lokasi absolut adalah lokasi Danau Maracaibo di Venezuela adalah 9,80⁰ LU dan 71,56⁰ BB.
Baca juga: Mau kode diskon 40% Quipper Video?
pic: miter.mit.edu
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search