Geografi Catalonia Spanyol

- October 07, 2017
Akhir-akhir ini media internasional sedang panas memberitakan tentang kemerdekaan Catalonia di Spanyol. Sebenarnya wilayah apa sih Catalonia itu?. Catalonia saat ini masih masuk negara Spanyol namun secara bahasa dan kultur mereka punya kekhasan tersendiri. Catalonia saat ini merupakan pusat industri dan wilayah paling kaya di Spanyol. Selain itu Catalonia merupakan markas tim elite Eropa FC Barcelona.

Sebagian besar masyarakat Catalan tinggal di Barcelona yang merupakan pusat ekonomi dan politik di sana serta pusat wisata populer Eropa terutama pantai yang menghadap laut Mediterania. Populasi Catalonia saat ini mencapai 7,5 juta jiwa.
Geografi Catalonia Spanyol
Peta wilayah Catalonia
Sejarah Catalonia 
Daerah ini pertama kali muncul sebagai entitas yang berbeda dengan kemunculan Pemerintahan Barcelona  pada abad ke-11. Pada abad ke-12 Pemerintahan  tersebut berada di bawah pemerintahan kerajaan yang sama dengan kerajaan Aragon, yang kemudian menjadi kekuatan laut abad pertengahan yang besar.

Catalonia telah menjadi bagian dari Spanyol sejak awal abad ke-15, ketika Raja Ferdinand dari Aragon dan Ratu Isabella dari Kastilia menikah dan mempersatukan wilayah mereka.
Dengan mempertahankan identitasnya,  kawasan ini semakin terintegrasi ke dalam negara Spanyol, sampai abad ke-19 Catalonia kembali ingin memproklamirkan sebagai negara merdeka. 

Ketika Spanyol menjadi republik pada tahun 1931, Catalonia diberi otonomi yang lebih luas. Selama Perang Saudara Spanyol, Catalonia adalah benteng utama Republik, dan jatuhnya Barcelona ke sayap kanan Gen Francisco Franco pada tahun 1939 menandai era perlawanan Spanyol terhadap Catalan.
 
Di bawah peraturan ultra-konservatif Franco, otonomi dicabut, nasionalisme Catalan ditekan dan penggunaan bahasa Katalan dibatasi.
Geografi Catalonia Spanyol
Catalonia surga pantai dunia
Kemerdekaan Catalonia
Arah angin kemudian berbalik dengan munculnya pemerintahan Spanyol yang demokratis setelah kematian Franco. Catalonia sekarang memiliki parlemen dan badan eksekutif sendiri dengan wilayah yang lebih luas.

Semangat nasionalis melonjak di tahun 2010 setelah sebuah keputusan pengadilan Spanyol menetapkan batas kekuasaan Catalan. Presiden Catalonia saat itu Jose Montilla mengatakan bahwa keputusan itu telah menyerang martabat warga Catalonia.

Rakyat Catalonia percaya bahwa penghasilan negara mereka masuk ke kas Madrid dan menyalahkan krisis utang Spanyol di tahun 2008 akibat pemerintahan pusat.  
Geografi Catalonia Spanyol
Kota Barcelona dari udara
Kebangkitan Bahasa Catalan
Pemerintahan Spanyol mengatakan bahwa Catalonia tidak punya hak konstitusional untuk melepaskan diri. Rencana referendum 1 Oktober 2017 menciptakan ketegangan baru antara Catalan dan pemerintah pusat. Bahasa Catalan mendekati bahasa daerah di Perancis Selatan dan Castilla di Spanyol. Namun Castilla mendominasi Spanyol dan masih menjadi bahasa mayoritas Catalan. Bahasa Catalan merupakan bahasa no 9 yang paling banyak digunakan di Eropa namun bukan masuk bahasa resmi Uni Eropa.

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search