Nilai Bounce Rate Blog dan Pengaruhnya

- October 28, 2017
Halo kawan-kawan kali ini saya akan ulas sedikit tentang istilah bounce rate dalam dunia web atau blog. Kalau kamu pasang aplikasi analitic di blog maka pastinya akan ada niai bounce rate. Memang berapa nilai bounce rate paling baik dan pengaruhnya apa bagi blog?.

Bounce rate adalah angka persentase visitor yang meninggalkan blog anda setelah membuka satu halaman/page saja. Contohnya saya membuka halaman blog anu.com lalu setelah itu langsung keluar tanpa lihat artikel lain diblog tersebut. Artinya visitor tersebut langsung mental/bounce dari blog anda alias kabur.

Semakin banyak visitor yang hanya membuka satu halaman saja dan tidak membuka halaman lain di blog kamu maka persentase bounce rate yang semakin besar. Secara kasara semakin kecil angka bounce rate maka web/blog kamu semakin bagus. Apa iya demikian?. Bisa iya bisa tidak. Baca juga: Memahami mindset beriklan di facebook

Jika visitor hanya membuka satu halaman saja di blog kamu maka asumsinya ia kurang betah atau tidak menemukan info yang ia butuhkan. Selain itu bisa saja visitor gak betah karena artikelnya pendek, banyak iklan pop up, menu sulit dan lainnya. Jika blog kamu bagus maka visitor pasti akan betah lama di blog kamu dan mengutak atik artikel lainnya.
Nilai Bounce Rate Blog dan Pengaruhnya
Mengukur Bounce rate blog
Bagaimana rumus bounce rate blog?.
Menghitung bounce rate = (jumlah pengunjung yang mengunjungi satu halaman/total kunjungan) x 100%

Contohnya blog anda dikunjungi 1.000.000 visitor per bulan. Pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman 500.000 visitor, maka

Bounce rate = 500.000/1.000.000 x 100% = 50%

Tentu anda tak harus menghitung sendiri bounce rate blog karena sudah ada tools nya di google analitic misalnya. Lalu berapa nilai ideal bounce rate sebuah blog?

Tidak ada ketentuan khusus berapa nilai bounce rate terbaik, namun ada pakar SEO bolagn maksimal 20% itu bagus. Intinya semakin kecil bounce rate blog anda maka pengunjung betah menyelami artikel di blog anda. Tapi kalau anda punya blog yang isinya cuma satu artikel saja ya bounce ratenya pasti besar 100%.

Namun jika anda ingin bounce rate blog anda kecil maka hal berikut perlu dperhatikan:
1. terus update artikel berkualitas
2. pasang related post
3. pasang internal link
4. cari template yang baik/responsive
5. buat loading blog cepat dan navigasi yang baik
6. jangan dijejali iklan terlalu banyak

Bounce rate yang rendah tentu akan membuat jumlah pageview meningkat. Ini sangat berguna bagi anda yang suka main iklan CPC seperti adsense. Karena semakin banyak bukaan page maka kemungkinan klik iklan semakin tinggi. Tapi intinya, blog yang baik adalah yang isinya bermanfaatn bagi banyak orang. Kalau bacaannya bermanfaat pastinya akan banyak dikunjungi dan dishare orang. Jadi yuk buat postingan yang bermanfaat dan berkualitas. Baca juga: Mau jadi dropshiper atau reseller?
Comments
6 Comments

6 komentar

avatar

Blog saya ada iklannya, tp tdk banyak menjejalinya....

avatar

thank's atas share artikelnya. akhirnya saya tahu mengapa bounce rate saya selalu tinggi.

avatar

Ternyata gitu perhitungan bounce rate, selama ini cuma ngandelin dari laporan searh console gak mikir rumusnya.

avatar

usahakan buat pengunjung tidak pusing liat penempatan iklannya

avatar

ya begitu lah, dunia blogging sarat misteri

avatar

di search consol sudah ada otomatis itungannya, tinggal pantau saja.

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search