Pengertian dan Ciri Negara Berkembang

- October 06, 2017
Negara berkembang atau developing countries adalah negara yang pendapatan perkapitanya
rata-rata rendah per tahun dan infrastruktur yang relatif masih terbelakang dan indeks perkembangan manusia berada di bawah standar normal dunia. Negara berkembang memiliki pembangunan sosial yang masih jauh dari kata maju. Hal ini nampak pada rendahnya kualitas sumber daya manusia baik dari sisi skill, kesehatan, maupun mentalitas. Contoh lainnya adalah rendahnya angka harapan hidup dan tingginya angka kematian bayi dan anak. Selain itu ciri negara berkembang lain adalah populasi yang banyak dan angka pertumbuhan tinggi diatas 1 persen. 

Rata-rata pendapatan nasional bruto di negara berkembang hanya mencapai 950 US Dollar per tahun. Laju pertumbuhan ekonomi rendang yaitu 3% dan angka inflasi mencapai 37%. Sarana komunikasi dan trnasportasi terbatas dan daya saing produk di kancah internasional terbatas. Sementara itu tabungan sektor swasta dan pemerintah cukup rendah sementara utang luar negeri tinggi. Perekonomian negara sangat bergantung pada pinjaman luar negeri, hibah negara donor dan investasi swasta.
Pengertian dan Ciri Negara Berkembang
Peta sebaran negara berkembang (warna hijau dan kuning)
Di sektor ketenagakerjaan, tingkat pengangguran di negara berkembang masih relatif tinggi yaitu 20% dan masih bisa tinggi lagi. Jumlah tenaga kerja produktif tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja. 

Ciri-Ciri Negara Berkembang
Secara spesifik ciri dari negara berkembang adalah sebagai berikut:
1. Standar hidup masih rendah dibawah rata-rata.
2. Tingkat pendapatan rendah.
3. Produktivitas masih rendah.
4. Tingginya angka beban kerergantungan.
5. Angka pertumbuhan penduduk cukup tinggi.
6. Angka pengangguran cukup tinggi.
7. Impor kebutuhan pokok tinggi
8. Sektor pertanian masih mendominasi 
9. Adanya over populasi di kota-kota besar
10. Penguasaan teknologi masih dibawah rata-rata
Pengertian dan Ciri Negara Berkembang
Transportasi massa yang handal ciri maju tidaknya negara
Sebaran negara berkembang paling banyak berada di bagian bumi selatan. Hampir semua negara Afrika adalah negara berkembang. Di Asia negara berkembang masih meliputi 90%, hanya Jepang, Korea Selatan dan Singapura yang melesat. Di benua Amerika hanya AS dan Kanada yang masuk jajaran maju, sisanya masih berkembang. Negara Eropa hampir semuanya masuk negara maju dan hanya sedikit yang tergolong negara berkembang khususnya di Eropa Timur. Baca juga: Faktor kepunahan flora fauna

Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search