Soal UN Geografi Pengembangan Wilayah dan Cara Menjawabnya

- November 12, 2017
Halo teman-teman sahabat geografi
se tanah air, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga senantiasa sehat dan tetap produktif. Oke kali ini saya akan memberikan tips bagaimana menjawab soal UN Geografi tentang Pengembangan Wilayah. Soal pengembangan wilayah ini masuk kategori HOTS. Pengembangan wilayah pada dasarnya dipengaruhi beberapa faktor seperti potensi wilayah, sumber daya manusia dan politik. Dalam soal UN biasanya kita sering menjumpai soal seperti di bawah ini:

46. Pengembangan kota pada gambar di bawah ini akan lebih pesat pemekarannya ke arah .... karena ....
A. 1, udara sejuk
B. 2, lahannya masih luas
C. 3, harga tanah murah
D. 4, daerah maritim
E. 5, pusat aktifitas manusia

Jawaban yang paling tepat adalah E. Mengapa demikian?.

Yang harus siswa pahami dalam soal ini adalah logika faktual. Dalam pengembangan/perencanaan pembangunan wilayah maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pengembang tentu akan lebih memikirkan faktor harga tanah sebagai pertimbangan dominan. Namun dilain pihak ada konsep dasar yang memang harus dipatuhi. Contohnya adalah:
1. Jangan membangun di daerah pegunungan karena merupakan daerah resapan air
2. Cari daerah yang relatif datar karena lebih mudah dalam hal konstruksi

Dalam soal di atas tentu logika paling umum adalah daerah industri akan lebih pesat pembangunannya karena termasuk daerah kutub pertumbuhan. Daerah kutub pertumbuhan akan menarik para pekerja, dampak lainnya nanti akan terjadi permintaan pemukiman, kos-kosan, pasar, terminal dll. Contoh nyatas sekarang adalah Cikarang dan Karawang. 

Baca juga:  
Soal UN Kependudukan dan cara menjawabnya
Pembahasan soal UN Geografi 2016
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search