Majalengka Kota Seribu Telaga

- December 04, 2017
Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata Majalengka?. Bandara baru?. Tentu saja berita tentang kehadiran Bandara Internasional di Majalengka akan mempercepat pertumbuhan kota kecil ini. Namun kali ini saya tidak akan bahas tentang bandara, namun lebih kepada potensi wisata alamnya. Judul Majalengka kota seribu telaga mungkin terdengar aneh, tapi memang begitu adanya karena kota kecil ini memiliki banyak sekali telaga-telaga jernih yang menjadi daya tarik wisata.

Majalengka terletak di daerah depresi pegunungan tengah Jawa Barat sehingga membuat daerahnya berbukit-bukit. Selain itu di sisi timur, kehadiran Gunung Ciremai yang menjulang tinggi menjadi salah satu sumber mata air yang mengalir ke semua penjuru wilayah. Wajar saja jika pertanian di kabupaten ini menjadi sektor andalan karena kondisi pengairan yang sangat baik.

Dahulu kota Majalengka mungkin belum begitu terkenal karena aksesnya yang hanya tidak begitu terbuka. Dampaknya adalah perkembangan kota ini tidak sepesat kota lain. Namun dampak lain adalah kota ini tetap asri dan menjadi lokasi pensiun yang tepat. Kini Majalengka bersiap menjadi kutub pertumbuhan baru seiring dibukanya akses Tol Cipali dan Cisumdawu nantinya, kemudian Bandara Internasional Kertajati yang beberapa waktu ke depan akan menjadi pintu gerbang Jawa Barat.
Majalengka Kota Seribu Telaga
Telaga Herang di perbukitan yang sejuk
Lanjut lagi ke bahasan tentang telaga. Telaga merupakan fenomena cekungan berisi air tawar yang terbentuk secara alami. Majalengka memiliki telaga-telaga berair jernih dan sejuk di daerah perbukitan. Batuan vulkanik dan dikombinasikan dengan air dari mata air Ciremai membuat telaga-telaga di kota ini sangat jernih. Saya sudah beberapa kali mengunjungi telaga di Majalengka dan memang tidak ada duanya. Saya yakin saat liburan tiba, telaga-telaga ini akan pesat oleh pengunjung yang ingin merasakan kesejukan alam menghilangkan kepenatan kota. 

Lalu dimana saja lokasi telaga berair jernih yang terkenal di Majalengka dan sekitarnya?.
1. Telaga Herang link peta >>>disini
2. Telaga Nila link peta >>>disini
3. Telaga Remis link peta >>>disini
4. Telaga Situ Cipanten link peta >>>disini
5. Telaga Situ Sanghiang link peta >>>disini
6. Telaga Nilem link peta >>>disini
7. Telaga Cikahalang link peta >>>disini 

Kehadiran tol Cipali membuat Majalengka kini sudah bisa diakses dengan cepat dari Jakarta dan sekitarnya. Hotel-hotel baru juga mulai tumbuh di kota kecil ini. Jadi bagi yang bingung liburan nanti mau kemana, mampir saja ke Majalengka menyusuri keindahan alam dan sejuknya telaga-telaga berair jernih. Baca juga: Terasering Panyaweuyan Majalengka Saingan Subak Bali
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search