Tipe Iklim Indonesia: Af - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Maret 8

Tipe Iklim Indonesia: Af

Iklim adalah keadaan rata-rata atmosfer dalam waktu lama, minimal 30 tahun. Lalu Indonesia masuk tipe iklim seperti apa sih?. Menurut letak astronomisnya, Indonesia masuk kategori iklim tropis. 

Variabel utama untuk menggolongkan iklim Indonesia tidak hanya suhu atau tekanan udara, tapi curah hujan. 

Dibelah oleh khatulistiwa, Indonesia memiliki tipe iklim hampir seluruhnya yaitu tropis, dengan suhu dataran pantai rata-rata 28° C, pedalaman dan daerah pegunungan rata-rata 26° C, dan daerah pegunungan tinggi rata-rata 23° C. 

Kelembaban relatif di semua wilayah cukup tinggi, dan berkisar antara 70 dan 90 persen. Baca juga: Jenis-jenis front cuaca

Variasi curah hujan yang diterima tiap daerah dipengaruhi oleh sirkulasi angin musim atau monsoon. Secara umum, ada musim kemarau (Juni sampai September), dan musim hujan (Desember-Maret). Oktober - Nopember dinamakan musim pancaroba atau peralihan.

Bagian barat dan utara Indonesia mengalami curah hujan yang lebih besar, karena dari utara ke barat bergerak awan hujan yang berat dengan kelembaban tinggi  hingga mencapai daerah pedalaman. 

Sumatera Barat, Jawa, Bali, interior Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya adalah daerah yang paling lembab dari Indonesia, dengan curah hujan berkisar lebih dari 2.000 milimeter per tahun. Baca juga: Jenis-jenis patahan geologi
Tipe Iklim Indonesia: Af
Curah Hujan Indonesia Nopember 2016, pic: bmkg
Topan kecil dapat menghantam Kepulauan Indonesia antara September dan Desember, dan dapat menyebabkan badai hujan dan angin kencang. 
 
Namun, tidak setiap Topan yang melanda Indonesia adalah Topan kuat seperti Tornado, dan dalam beberapa tahun hanya beberapa Topan terjadi selama musim badai tropis.

Pakaian katun ringan disarankan dipakai sepanjang tahun, dengan payung atau jas hujan untuk perubahan cuaca mendadak. Sebuah sweater diperlukan di daerah pedalaman pegunungan. 


Tidak peduli di mana Anda pergi, bersiaplah untuk suhu tinggi dan kelembaban. Menurut klasifikasi Koeppen-Geiger Iklim Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai Tipe Af dengan ciri suhu panas, iklim tropis lembab dengan rerata suhu semua bulan di atas 18 °C. Bagaimana? Sudah paham karakter iklim Indonesia?.

Baca juga: WMO mengeluarkan 11 tipe awan baru lho!

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close