Darimana Api itu Muncul? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Februari 15

Darimana Api itu Muncul?

Beberapa tahun ini bencana kebakaran lahan sering melanda Indonesia di musim kemarau. Dari sekian banyak bencana, kebakaran lahan (wildfire) menjadi salah satu bencana yang sulit dikendalikan dan mungkin paling berbahaya.

Kebakaran lahan itu diawali dari adanya api?. Nah sebelum membahas tentang faktor dan tata cara penanggulangan kebakaran lahan, saya akan jelaskan dulu darimana api itu bisa muncul. Baca juga: Batuan beku intrusif dan ekstrusif

Api berasal dari adanya pembakaran. Pembakaran merupakan sebuah reaksi yang mencakup tiga hal: Panas, Bahan Bakar dan Oksigen. Ketiga unsur tersebut harus ada jika ingin menghasilkan api. Jadi lingkungan non oksigen tidak dapat menghasilkan api. Jika panas tidak ada, bahan bakar habis atau tiada oksigen maka api akan lenyap.
Darimana Api itu Muncul?
Segitiga Api
Oksigen
Ini adalah gas sederhana yang ada di atmosfer kita. Udara yang kita hirup sehari-hari mengandung sekitar 21% oksigen. Bahkan hanya 16% oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan api. Ketika bahan bakar dibakar, maka ia akan bereaksi dengna oksigen di sekitarnya. 

Reaksi kimia ini melepas panas dan produk lainnya seperti gas, asap dan debu. Reaksi ini dinamakan reaksi oksidasi. Inilah yang menyebabkan asap dapat berbahaya karena tergantung dari bahan apa yang terbakar. Baca juga: Memperbesar dan memperkecil peta

Bahan Bakar
Bahan Bakar adalah bahan yang mudah terbakar. Materi ini dapat berwujud padat, gas atau cair. Contoh bahan bakar padat adalah kayu, daun kering, kertas. Contoh bahan bakar cair adalah bensin dan minyak tanah. Contoh bahan bakar gas adalah elpiji. Bahan bakar dengan kelembaban rendah cenderung terbakar dengan cepat dibandingkan bahan bakar dengan kelembaban tinggi.

Panas
Panas merupakan energi. Kamu tidak dapat melihatnya tapi bisa merasakannya. Panas akan menghilangkan uap air dari bahan bakar terdekat, menghangatkan udara sekitar dan menyiapkan jalan agar api dapat mudah terbakar. 
Sumber: http://eschooltoday.com/

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close