Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta

- December 29, 2016
Cara untuk mengubah ukuran peta relatif banyak diantaranya dengan fotokopi, pantograf, dan sistem petak atau dam. Diantara semua cara tersebut, yang paling mudah dilakukan adalah dengan fotokopi namun di sekolah siswa dapat belajar dengan menggunakan teknik petak atau dam. Baca juga: Ayat Quran tentang geografi

Cara Memperbesar Peta
Berikut ini langkah-langkah memperbesar peta:
1. Peta asli berukuran 100 cm x 80 cm kita ubah menjadi peta berukuran 200 cm x 160 cm. Ini artinya panjang dan lebar peta diperbesar dua kali sehingga peta baru akan berukuran lebih besar. Jika skala peta asli 1 : 25.000 maka skala peta yang baru menjadi 1 : 12.500 karena dibagi 2.
2. Kita buat petak-petak berukuran 5 cm x 5 cm pada peta asli maka lebar petak pada peta yang akan dibuat menjadi 10 cm x 10 cm.
3. Kerjakan pembuatan petak-petak tersebut dengan baik melalui pembuatan garis-garis tegak lurus dan mendatar.
4. Bila petak-petak sudah jadi maka berilah masing-masing garis dengan angka dari 0,1,2,3 dan seterusnya.
5. Terakhir gambar lekukan peta sesuai dengan peta aslinya. Gambarlah sesuai kolomnya sehingga bentuknya nanti sama hanya ukurannya saja yang lebih besar.
Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta
Teknik Memperbesar Peta
Cara Memperkecil Peta
Berikut ini langkah-langkah memperkecil peta:
1. Peta asli berukuran 100 cm x 80 cm kita ubah menjadi peta baru berukuran 50 cm x 40 cm. Itu artinya panjang dan lebar peta diperkecil dua kali sehingga peta baru akan berukuran lebih kecil. Jika skala peta asli 1: 25.000 maka skala peta yang baru menjadi 1: 50.000
2. Kita buat petak-petak berukuran 5 cm  x 5 cm pada peta asli dengan lebar petak pada peta yang akan dibuat adalah 2,5 cm x 2,5 cm.
3. Kerjakan pembuatan petak-petak tersebut dengan baik melalui pembuatan garis-garis tegak lurus dan mendatar.
4. Bila petak-petak sudah jadi, berilah setiap garis dengan nomor urut mulai dari pojok atas kiri dengan nomor 0,1,2,3 dan seterusnya.
5. Pindahkan gambar peta asli ke peta yang baru. Gambar lekukan peta sesuai kolom petak yang sudah dibuat. Baca juga: Piramida penduduk muda, dewasa dan tua
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search